Roadshow ke-3 Kota, FPK Lebarkan Sayap ke Barat Laut Jawa Timur

Roadshow ke-3 Kota, FPK Lebarkan Sayap ke Barat Laut Jawa Timur

image
By abdillah On Kamis, Mei 03 rd, 2018 · no Comments · In

Berita FPK-Pada tanggal 16-18 bulan April 2018, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga mengadakan roadshow di 3 kota, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban. Acara ini adalah bagian dari upaya Fakultas termuda di Universitas Airlangga tersebut untuk memperluas jaringan dengan stakeholder bidang perikanan dan akan mencakup kota-kota lain di Pulau Jawa. Destinasi dari rombongan FPK adalah Dinas Perikanan dan Kelautan, perusahaan, balai perikanan,  serta SMA yang ada di kota-kota tersebut.

Selama roadshow tersebut, rombongan FPK mengunjungi instansi pemerintah dan perusahaan di sektor perikanan untuk membangun kerjasama. Hal ini dilakukan karena terjalinnya kerjasama FPK dengan pihak lain akan meningkatkan jejaring, hingga kesempatan untuk melakukan aktifitas penelitian, Praktek Kerja Lapang (PKL), dan magang. Tentu saja kerjasama ini akan memperkuat posisi FPK di masyarakat.

Kunjungan pertama dalam rangka survei tempat PKL dilakukan di IBAP (Instalasi Budidaya Air Payau) Lamongan. IBAP Lamongan menyatakan siap menerima 20 orang mahasiswa untuk PKL dan sedang giat melakukan budidaya ikan nila, bandeng, dan udang vaname meliputi proses penggelondongan, pembenihan, peragian pakan, dan Busmetik (Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik).

Di Tuban terdapat Instalasi Budidaya Laut (IBL) Boncong, yaitu balai perikanan yang memfokuskan diri pada pembesaran kerapu, udang vaname, dan yang terkini adalah lobster. Pembesaran lobster di IBL Boncong dilakukan dengan cara budidaya resirkulasi. Selain IBL, terdapat juga Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) yang melakukan kegiatan pembenihan dan pembesaran lele. Ke depannya, IBAT Tuban berencana untuk membudidayakan komoditas lokal ikan Betok (Anabastestudineus).

Selain dinas dan perusahaan, SMA-SMA di 3 kota tersebut juga tak luput untuk dikunjungi. Tujuan dari roadshow ke SMA adalah untuk mengenalkan FPK Universitas Airlangga ke sekolah-sekolah. Event ini sangatlah penting agar guru dan murid SMA mengetahui informasi perkuliahan, mata kuliah yang dipelajari dan prospek kerja lulusan FPK. Secara mengejutkan beberapa guru SMA yang dikunjungi menyebutkan bahwa mereka menganjurkan anak didiknya untuk melanjutkan kuliah ke FPK. Antusiasme sambutan guru-guru juga sangat luar biasa dan mereka berharap sosialisasi seperti ini dilakukan lagi ketika murid-murid kelas 3 masih ada di sekolah.

Dalam mengarungi kota yang dilewati Jalur Pantura tersebut, rombongan FPK juga bertemu dengan alumni Universitas Airlangga yang sudah berkiprah di dunia kerja. Roadshow ini tidak hanya meningkatkan kerjasama dengan dinas terkait tapi juga ajang silaturahim dengan alumni yang sudah bekerja dan berkarya di masyarakat.

Gambar 1. Rombongan melihat komoditas perikanan laut yang dikembangkan di IBL Boncong.

Penulis: Syifania Hanifa Samara

Editor  : Dwi Yuli Pujiastuti

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *