Aktualisasi Pratugas Dosen Tetap: Mengaktualisasikan Metode Pembelajaran Interaktif Matakuliah Ekologi Perairan Pada Mahasiswa FPK

Aktualisasi Pratugas Dosen Tetap: Mengaktualisasikan Metode Pembelajaran Interaktif Matakuliah Ekologi Perairan Pada Mahasiswa FPK

image
By abdillah On Rabu, April 25 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK-Meningkatkan mutu pendidikan adalah menjadi tanggungjawab semua pihak yang terlibat dalam pendidikan terutama bagi Dosen FPK Unair yang merupakan ujung tombak dalam menyampaikan transfer knowledge dan transfer of value. Transfer knowledge adalah mentransfer ilmu pengetahuan dan pemahaman, sedangkan transfer of value adalah mentransfer nilai-nilai moral dan kebaikan. Hal ini sesuai misi FPK yaitu menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang budidaya perairan yang berbasis teknologi pembelajaran modern yang dapat memotivasi mahasiswa untuk memiliki kepercayaan diri dan kemampuan professional serta keinginan kuat untuk mengembangkan ilmunya.

Dosen adalah orang yang paling berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat bersaing di jaman pesatnya perkembangan teknologi. Dosen dalam setiap pembelajaran selalu menggunakan pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang dapat memudahkan mahasiswa memahami materi yang diajarkannya, namun masih sering terdengar keluhan dari para dosen di lapangan tentang materi pelajaran yang terlalu banyak dan keluhan kekurangan waktu untuk mengajarkannya semuamateri. Menurut pengamatan penulis, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam penggunaan model pembelajaran yang bervariatif masih sangat rendah dan dosen cenderung menggunakan model konvesional yaitu metode satu arah/ceramah atau yang dikenal teaching center learning (dosen sebagai pusat pembelajaran). Hal ini mungkin disebabkan kurangnya penguasaan dosen terhadap model-model pembelajaran yang ada, padahal penguasaan terhadap model-model pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan profesional dosen, dan sangat sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi.

Beberapa alternative metode pembelajaran interaktif yang disampaikan kepada mahasiwa semester II matakuliah Ekologi Perairan adalah:

 

  • Penerapan E-learning dalam menunjang pengenalan materi dan kegiatan keseluruhan topiksebelumdimulaiperkuliahan

 

 

  • Membuat dan melakukan climate setting (pengkondisian zona nyaman mahasiswa) diawal/sebelum memulai kuliah dan mencairkan suasana dengan game, yel-yel atau Ice breaking)

 

 

  • Melakukan metode Problem best learning dengan presentasi kelompok dan dilanjutkan Diskusi Kelompok Terarah (focus group discussion) dan meringkas hasil diskusi

 

Kunjungan Studi lapang guna menunjang skill development

 

Berdasarkan beberapa kegiatan diatas, diharapkan penerapan model pembelajaran interaktif menjadi alternative untuk dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar mahasiswa dalam mata pelajaran Ekologi perairan. Rancangan Aksi dan inovasi ini dilakukan agar diharapkan kemampuan professional dosen dalam merancang model pembelajaran akan lebih baik lagi dan dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariatif dan dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam merefleksi diri terhadap kinerja yang telah dilakukannya diantaranya E-learning, Knowledge Improvement,  Skills Development, dan Attitude Change padamahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan. Metode pembelajaran interaktif tersebut diharapkan dapat terjadi perubahan dan perbaikan kualitas pembelajaran dan mengelola proses pembelajaran yang lebih terpusat pada mahasiswa. Sehingga dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Sehingga kompetensi tersebut diperlukan agar mahasiswa memiliki kemampuan memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah dan kompetitif ”.

 

Penulis   : Rozi

Editor      : Annur Ahadi

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *