Cetak Calon Manajer Organisasi, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Selenggarakan LKMM-TD

Cetak Calon Manajer Organisasi, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Selenggarakan LKMM-TD

image
By abdillah On Jumat, Mei 04 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK- Salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa selain hard skill adalah soft skill. Salah satu Soft skill yang dimiliki yaitu kemampuan manajemen baik manajemen diri, manajemen organisasi sampai kemapuan manajemen massa. Dalam membentuk kemampuan manajemen  organisasi pada mahsiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan menyelenggarakan Latihan Keterampilan Mahsiswa Tingkat Dasar. Pelatihan ini ditujukan bagi mahasiswa FPK UNAIR yang tertarik mengembangkan diri dan mampu menngelola organisasi mahasiswa.

LKMM-TD dilakasnakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu tanggal 28-29 April 2018 bertempat di ruang C501-502 gedung C FPK UNAIR. Pelatihan diikuti oleh 58 orang mahasiswa dari anggkatan 2016 dan 2017. Acara Dibuka langsung oleh Dekan FPK UNAIR Prof Dr. Mirni Lamid,drh., MP.

Materi yang diberikan pada LKMM-TD meliputi Analisis Kondisi Lingkungan, Perumusan dan Penjabaran Gagasan Awal, Tolok Ukur Keberhasilan, Perencanaan Jadwal Kerja, Dasar-dasar Organisasi, Pengorganisasian Kegiatan/Kepanitiaan, Komunikasi Antar Unit Kerja, Administrasi dan Keuangan Kegiatan Mahasiswa, Hakekat Motivasi, Pengambilan keputusan, Pengendalian konflik, Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan, Penyempurnaan Usulan Kegiatan. Materi disampaikan oleh Dosen FPK yang telah mengikuti Pelatihan pemandu LKMM-TD. Jadi hanya dosen yang memiliki sertifikat pemandu yang bisa menjadi nara sumber LKMM-TD ujar Pak Agustono sebagai Koordinator Dekanat FPK UNAIR. Berbeda dengan pelatihan biasanya, LKMM dikemas secara atraktif. Terbukti materi tidak disajikan dalam bentuk ceramah saja. Materi disampaikan dengan metode role play, games, simulasi dan metode atraktif lainnya. Penggunaan berbagai metode ini merupakan tugas dari pemandu. pemandu bertugas membuat suasana belajar menjadi hidup, mengantarkan peserta ke dalam pengalaman pembelajaran, jadi tidak cukup kalau menggunakan sistem ceramah saja. Di akhir materi beberapa peserta memberikan testimoni positif. “Dengan ikut LKMM-TD saya bisa berlatih mengelola organisasi, dan yang paling menyenangkan penyampaian materi disampaikan menggunakan games seru” ujar Ovi Aprilia salah satu peserta. Terlampir tautan video kegiatan LKMM-TD selama dua hari.

Penulis : Annur Ahadi Abdillah

Editor    : Dwi Yuli Pujiastuti

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *