DELEGASI FPK IKUTI DIKLAT HAPPI JAWA TIMUR: PENGKAYAAN DAN ORIENTASI LAPANG WISATA BAHARI BERBASIS MASYARAKAT

image
By Sapto Andriyono On Sabtu, November 30 th, 2019 · no Comments · In

Berita FPK – Rangkaian Diklat HAPPI ke V tahun 2019 hari ke-2 lakukan kunjungan lapang untuk melihat pengelolaan wisata alam bahari berbasis masyarakat. Kelompok pengawas masyarakat (Pokmaswas) yang membawa bendera CMC (Clungup Mangrove Center) sebagai pemandu local dalam perjalanan ini membawa kami mengunjungi tiga destinasi dengan pesona pemandangan yang luar biasa

Pos Masuk CMC
Responsible tourism yang dikembangkan dalam ekowisata ini ditandai dengan memperhatikan sumber sampah plastik yang berasal dari pengunjung. Pengelola CMC secara tegas memberikan peringatan kepada pengunjung untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang potensial seperti kresek plastik, botol air mineral dan bungkus snack makanan kecil. CMC berkomitmen dengan mengusung slogan “Sampahku tanggung jawabku”.

Pantai Clungup
Setelah berjalan sekitar 30 menit menyusuri pematang dan sela-sela kanopi pohon cemara laut, kami sampai di pantai Clungup, terdapat Gazebo tempat pembelajaran menata hidup. Terdapat slogan dalam Bahasa Jawa “Papan Pasinaon Noto Urip”.

Pantai Gatra
Pantai berikutnya yang tidak terlalu terpaut jauh adalah Pantai Gatra. DI lokasi ini, pengunjung dapat menikmati bermain kano dan menikmati deburan ombak kecil yang menyapa di sela-sela pasir putihnya.

Pantai Tiga Warna
Destinasi terakhir dari rangkaian ini adalah Pantai Tiga Warna. Ditemani segelas es kelapa muda, kami dimanjakan dengan hembusan angin laut sepoi. Tidak jauh dari lokasi ini, terdapat terumbu buatan yang memberi kesempatan kepada pengunjung yang tertarik untuk snorkeling dil okasi ini untuk melihat segerombolan ikan ekor kuning bermain-main di sekitar terumbu buatan ini. Perlu di ingat, kawasan pantai ini tidak dibuka tanpa reservasi terlebih dahulu, jadi pastikan kunjungan anda direncanakan dan berkoordinasi dengan pengelola local kawasan ini untuk mendapatkan pelayan terbaik di kawasan ini.

Penulis
Sapto Andriyono
Departemen Kelautan
Email: sapto.andriyono@fpk.unair.ac.id

50 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *