DOSEN FPK IKUTI WORKSHOP CASCADING TRAINING FINANCIAL TECHNOLOGY

image
By Dwi Pujiastuti On Minggu, Agustus 11 th, 2019 · no Comments · In

Berita FPK – Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi (PIPS) bersama dengan Direktorat Pendidikan Universitas Airlangga mengadakan workshop implementasi dalam kurikulum dengan judul Cascading Training Financial Technology (FinTech) Bagi dosen Universitas Airlangga pada tanggal 8-9 Agustus 2019, lalu. Kegiatan tersebut diikuti oleh 32 peserta perwakilan dari seluruh Fakultas di lingkup Universitas Airlangga. Agenda pertama yaitu pembukaan oleh Ketua PIPS, Yuni Sari Amalia, S.S., M.A., Ph.D dilanjutkan oleh pemaparan materi pertama yaitu Implementing Fintech in Indonesian Higher Education: Opportunities and Challenges. Dalam pemaparannya, Yuni menyampaikan bahwa financial technology ini menjadi penting di saat dunia pendidikan berkembang sangat pesat berbasis teknologi inovasi dalam industri 4.0. Teknologi inovasi dalam Industri 4.0 sudah diaplikasikan oleh dunia dengan berbagai cara salah satunya dengan menyimpan file lewat cloud computing, machine learning berupa gadget, akses internet yang semakin luas dan besar. Selain itu, teknologi ini sudah mencakup multibidang baik di bidang pendidikan, industri, kesehatan, administrasi, keuangan dan lainnya. Contoh fintech adalah insurance technology, regulatory technology, payment technology, banking software, blockchain, cryptocurrency, robo-advisors, smart contracts dan cybersecurity. Pentingnya pendidikan fintech yaitu menyiapkan mahasiswa lebih baik ke depannya baik sebagai pengguna dan profesional, fintech tidak hanya berhubungan dengan mahasiswa ekonomi tetapi semua background baik untuk sistem informasi, biologi, kedokteran dan lainnya. Tujuan dari adanya workshop ini adalah untuk mengukur atau meraba bagaimana fintech ini dimungkinkan untuk dimasukkan ke dalam kurikulum sebagai topik ataupun mata kuliah tersendiri.

Pemateri kedua yaitu Syahrur Marta Dwi Susilo, S.Si., M.A., Ph.D dengan materi Fintech and Curriculum of Techno-Entrepreseurship. Dalam pemaparannya, Syahrur menyampaikan terminologi fintech yang selalu dihubungkan dengan teknologi dan inovasi dengan kecukupan sumberdaya untuk melengkapi suatu aplikasi di bidang finansial. Karakteristik dari fintech sendiri adalah sharing dan collaboration yang juga ditambahkan dengan trust sehingga konsumen akan merasa percaya dan nyaman dengan menggunakan teknologi finansial ini. Kemudian mengapa fintech menjadi penting dan mulai banyak diminati karena keuntungan yang ditawarkan yaitu analisis data yang komprehensif, biometric yang aman, aplikasi dapat diakses melalui internet dan seluler, lebih cepat, akses lebih mudah ke layanan keuangan dan efisiensi pasar.

Pemateri ketiga yaitu Dr. Ni’matuzahroh yang juga merupakan sekretaris di direktorat pendidikan menyampaikan materi tentang Fintech dalam Rencana Pembelajaran. Dalam pemaparannya, Ni’mah menyampaikan bahwa Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentrasformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fintech ini dapat diimplementasikan ke dalam kurikulum dengan menyisipkannya ke dalam mata kuliah seperti kewirausahaan. Implementasi dalam mata kuliah ini dapat diaplikasikan dengan meningkatkan literasi yang harus diperhatikan dan dikembangkan. Literasi dapat berupa literasi data yang meliputi kemampuan untuk membaca, menganalisis, menggunakan data dan informasi; literasi teknologi meliputi kemampuan memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi seperti coding, artificial intelligence dan engineering principle serta literasi manusia seperti kemampuan memahami tentang humanities, komunikasi dan desain.

Selanjutnya, dilakukan penugasan untuk membuat RPS yang disisipkan dengan fintech dalam topiknya dan dipresentasikan pada hari kedua, tanggal 9 Agustus 2019, lalu. Dalam presentasi yang disampaikan oleh bapak/ibu dosen peserta workshop pada dasarnya semua menyetujui pentingnya akan penggunaan fintech dan dimasukkannya fintech dalam topik ataupun sub topik dalam kurikulum.

Penulis
Dwi Yuli Pujiastuti, S.Pi., M.P.
Departemen Kelautan
Email: dwiyp@fpk.unair.ac.id

56 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *