Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Undang Profesor dari Hiroshima University Dalam Kegiatan Visiting Professor

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Undang Profesor dari Hiroshima University Dalam Kegiatan Visiting Professor

image
By nanang nanang On Rabu, Desember 13 th, 2017 · no Comments · In

Berita FPK-Sebagai Fakultas yang berpartisi aktif mendukung Universitas Airlangga sebagai Universitas berkelas dunia, pada tahun 2017 Fakultas Perikanan dan Kelautan Univerisitas Airlangga mendatangkan seorang Professor dari Hiroshima University  Jepang dalam kegiatan  Visiting Professor Setelah beberapa kali datang ke Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga pada bulan Maret tahun 2016 dan bulan September 2017 sebagai dosen tamu tentang marine microalgae, pada tanggal 24 Desember – 02 Desember Prof. Kazuhiko Koike yang merupakan Professor bidang Environmental Sciences tersebut datang sebagai Professor tamu dalam kegiatan Visiting Professor.

Sesuai dengan kesepakatan yang tertulis dalam kontrak kerja Visiting Professor, Prof. Koike memiliki tugas untuk memberikan kuliah tamu, traning tentang research on planktonology and environmental sciences dan membimbing persiapan manuskrip untuk diterbitkan di Jurnal Internasional terindeks Scopus dengan alokasi waktu selama 3 bulan. Kegiatan Visiting Professor dilakukan secara parsial di Universitas Airlangga dan Hiroshima University, dimana diluar  tanggal 24 Desember – 02 Desember 2017 Prof. Koike melakukan bimbingan persiapan manuskrip secara online melalui e-mail.

Kegiatan Visiting Professor ini diharapkan dapat memenuhi target untuk mempublikasikan 3 artikel ilmiah di Jurnal Internasional terindeks Scopus dengan afiliasi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dan Graduate School of Biosphere Sciences, Hiroshima University Universitas Airlangga. Sebagai sister University, melalui kegiatan Visiting Professor, Universitas Airlangga selalu mmperkuat persahabatanya dengan Hiroshima University dalam melalukan aktivitas pengembangan keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tidak hanya ramah, Professor yang memiliki hobi diving ini selalu penuh semangat dalam semua kegiatan Visiting Professor. Dalam setiap kesempatan memberikan kuliah, beliau selalu memberikan motivasi bahwa dunia perikanan dan kelautan di Indonesia sangat kaya akan biodiversitas. Hal ini yang menjadikan motivasi bagi mahasiswa FPK untuk membangun dunia perikanan dan Kelautan di Indonesia, terbukti setiap akhir materi banyak pertanyaan yang diajukan mahasiswa kepada Professor Koike.

Tidak hanya di sesi kelas, pada kesempatan pengambilan sampel Plankton Prof. Koike ikut terjun langsung. Bersama dua tenaga pendidik FPK UNAIR pak Kustiawan Tri Pursetyo dan Ibu Lutfiana Aprianita Sari, Prof Koike ikut melaut mengambil sampel di perairan Sedati Sidoarjo. Prof. Koike juga membagikan ilmu mengenai traning tentang research on planktonology and environmental sciences kepada 17 orang mahasiswa FPK yang akan mengambil penelitian dan 3 orang tenaga pendidik. Dalam salah satu  materi pelatihan yang diberikan Prof Koike mengajarkan pembuatan pipet kapiler yang dapat digunakan dalam isolasi Plankton.

Penulis : Muhammad Nur Ghoyatul Amin

Editor   : Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *