FPK LAKUKAN RAPAT KOORDINASI DENGAN TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK MENCAPAI TARGET 2019

image
By Putri Desi Wulan Sari On Kamis, Agustus 08 th, 2019 · no Comments · In

Berita FPK. Sebagai bagian dari siklus penjaminan mutu, FPK lakukan rapat evaluasi, koordinasi untuk mencapai target 2019 serta persiapan perkuliahan semester gasal 2019/2020 (5/8/2019) di Hotel Harris Surabaya. Rapat koordinasi dihadiri oleh jajaran Pimpinan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Koordinator Staf Dekanat, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi S1 dan S2, dan seluruh dosen FPK termasuk dosen PSDKU UNAIR Banyuwangi, serta Kepala Bagian dan para Kasubbag di lingkungan FPK.

Masing-masing Departemen dan Program Studi menyampaikan capaian dari target yang telah ditetapkan oleh Fakultas serta pemaparan strategi-strategi dalam rangka meningkatkan performance Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Di bidang akademik, Wakil Dekan I Fakultas Perikanan dan Kelautan menekankan untuk lebih meningkatkan kegiatan perwalian kepada para mahasiswa, utamanya bagi mahasiswa bidik misi. Hal ini bertujuan agar mahasiswa tetap termotivasi  menyelesaikan perkuliahan dengan track record akademik yang baik. Wakil Dekan I juga berpesan kepada para dosen untuk mengawal nilai TOEFL mahasiswa sebagai syarat yudisium.  Selain hal tersebut, setiap dosen melengkapi Portofolio Mata Kuliah semester genap 208/2019 sebagai bentuk monitoring dan evaluasi mata kuliah masing-masing dosen. Fakultas Perikanan dan Kelautan juga telah menyiapkan skema Double Degree/Joint Degree bagi Program Studi Akuakultur mengingat Program Studi Akuakultur telah mengantongi Akreditasi A dari BANPT dan Akreditasi oleh ASIIN. Program Double  Degree/Joint Degree akan dikolaborasikan dengan Kasetsart University (Thailand), National Pingtung University of Science and Technology Taiwan, dan Universitas Malaysia Terenggau (Malaysia).  Koordinator Staf Dekanat juga menyampaikan beberapa strategi dalam proses percepatan lulusan.

Beberapa inovasi diterapkan di bidang akademik dan kemahasiswaan. Salah satunya adalah tersedianya aplikasi APIK untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pendaftaran skripsi, PKL, yudisium dan pengumuman lain terkait akademik FPK. Aplikasi Akademik Perikanan dan Kelautan (APIK) ini dapat dengan mudah di-download melalui mobile phone  maupun melalui laptop dan PC.

Pemaparan bidang Keuangan dan Sarana Prasarana oleh Wakil Dekan II FPK menekankan kepada peningkatan jumlah dosen dan peningkatan karir bagi para dosen melalui program kenaikan jabatan fungsional dosen maupun program outbond part time dan full time.  Sebagai strategi untuk keseimbangan rasio dosen dan mahasiswa, FPK telah menerapkan program Dosen Luar Biasa di setiap mata kuliah, baik Program Studi Akuakultur maupun Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Dosen Luar Biasa merupakan pengajar yang berasal dari praktisi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dari para mahasiswa. Selain itu, Wakil Dekan II juga menginformasikan adanya Marine Station yang berlokasi di Banyuwangi sebagai media pembelajaran dan pengembangan keterampilan mahasiswa.

Bidang kerjasama dan publikasi di bawah koordinasi Wakil Dekan III telah berhasil meningkatkan status Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan menjadi Sinta 2 dan Jurnal of Aquaculture and Fish Health telah terindeks DOAJ. Sedangkan Journal of Marine Science sedang proses pengajuan OJS.  Adanya pencapaian ini diharapkan diikuti oleh peningkatan kualitas paper  yang disusun oleh dosen dan mahasiswa FPK sehingga jurnal yang dimiliki Fakultas Perikanan dan Kelautan dapat terindeks scopus.  Wakil Dekan III juga memaparkan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh para dosen dalam menyusun paper untuk menuju terindeks scopus, antara lain novelty, highlight dan manfaat dari suatu hasil penelitian, dan memperhatikan isi dari abstrak tidak melebihi 250 kata.

Diharapkan Rapat Koordinasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta performance FPK yang didukung oleh seluruh sivitas akademika baik dosen sebagai pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Penulis

Putri Desi Wulan Sari
Departemen MKI-BP
Email: putri.dw@fpk.unair.ac.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *