Ikuti Kegiatan Academic Assimilation, Tiga Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Berbagi Hasil Penelitian di Depan Mahasiswa UMT Malaysia

Ikuti Kegiatan Academic Assimilation, Tiga Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Berbagi Hasil Penelitian di Depan Mahasiswa UMT Malaysia

image
By abdillah On Kamis, November 29 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK- Menuju World Class University, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga menyelenggarakan berbagai kegiatan berskala International. Salah satu kegiatan rutin yang bertujuan membuka wawasan mahasiswa yaitu kegiatan Academic Assimilation. Kegiatan ini diselenggarkan bekerjasama dengan PPSPA Universiti Malaysia Terngganu dari tanggal 23 -27 November 2018.

Sebanyak 25 orang mahasiswa didampingi tiga orang dosen berangkat mengikuti kegiatan Accademic Assimilation selama lima hari di kampus UMT Terengganu. Setibanya di Terengganu rombongan FPK UNAiR disambut dalam acara Opening Ceremony yang dihadiri Vice Dean, dosen,  mahasiswa dari program Aquaculture dan Fisheries PPSPA UMT. Dalam acara tersebut perwakilan dari PPSPA Asocc. Prof. Dr. Hanafi mengenalkan PPSPA baik kegiatan  Akademik dan penelitian yang telah dilakanakan. Perwakilan FPK UNAIR yang diwakili Dr. Endang Dewi Masithah sebagai Wakil Dekan 1 turut juga memberikan sambutan dan presentasi mengenai kegiatan akademik dan penelitian yang dilaksanakan di FPK UNAIR. Acara pembukaan dilanjutkan kunjungan ke dua laboratorium fasilitas penelitian milik Institute Akuatrop dan Hachery milik PPSPA sampai jeda makan siang.

Acara utama Academic Assimilation dilaksanakan setelah istirahat. Acara tersebut yaitu Research Talk yang disampaikan oleh 3 orang Dosen dari PPSPA UMT dan 3 orang dosen pendamping dari FPK UNAIR. Tiga dosen pendamping dari FPK UNAIR yaitu Dr. Endang Dewi Masithah, Annur Ahadi Abdillah,M.Si dan Nina Nurmalia Dewi,M.Si. Dalam presentasinya Dr. Endang memaparkan tentang kejadian dan efek Microsystis di perairan laut dan payau terhadap budidaya ikan dan manusia. Pada kesempatan kedua  Annur Ahadi,M.Si memaparkan penelitian substitusi sendok plastik dengan sendok yang bisa dimakan. Annur Ahadi M.Si menyampaikan bahwa ” Sendok yang dibuat dari tepung terigu kemudian ditambah karaginan dapat digunakan pengganti sendok plastik. Setelah digunakan untuk makan, sendok dapat dikonsumsi oleh pengguna sehingga penggunaan sendok plastik dapat dihindari”. Pemaparan  ketiga disampaikan oleh Nina Nurmalia Dewi, M.Si yaitu tentang Water Ecology. Acara Research Talk berlangsung meriah, terbukti baik mahasiswa FPK UNAIR dan PPSPA UMT secara aktif bertanya kepada para penyaji. Acara ini diharapkan membuka wawasan bagi mahasiswa dan membuka kesempatan kolaborasi penelitian antara dua institusi tersebut.

Penulis : Hutama

Editor   : hadi

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *