Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Manajemen Kesehatan Ikan Dan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Airlangga

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Manajemen Kesehatan Ikan Dan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Airlangga

image
By abdillah On Senin, November 05 th, 2018 · no Comments · In

Berita-FPK. Salah satu tugas Dosen dalam melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi, selain pendidikan dan penelitian adalah pengabdian kepada masyarakat (pengmas). Departemen Manajemen Kesehatan Ikan dan Budidaya Perairan (MKI-BP), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Universitas Airlangga (Unair) dalam setiap tahun memiliki program kerja melaksanakan pengmas dalam rangka mengembangkan desa binaan.

Salah satu program pengmas dan pengembangan desa binaan oleh staf dosen Departemen MKI-BP, FPK Unair adalah pengembangan budidaya sistem akuaponik pada masyarakat pembudidaya ikan lele di Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Tujuan pengmas ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan serta aplikasi teknologi budidaya ikan sistem akuaponik pada masyarakat pembudidaya ikan lele di pedesaan sebagai upaya pengembangan budidaya ikan dan tanaman (sayuran) pada lahan terbatas. Budidaya ikan sistem akuaponik memiliki keuntungan ganda dari sisi budidaya, yaitu produksi ikan dan sekaligus produksi tanaman (sayuran). Hal ini juga memberikan keuntungan bagi masyarakat, khususnya kesejahteraan dan nilai ekonomi keluarga.

Output kegiatan ini adalah capaian target kinerja pengmas dari Departemen MKI-BP, FPK Unair. Outcome kegiatan ini adalah berkontribusi pada pencapaian target kinerja Departemen MKI-BP, FPK Unair pada tahun 2018. Ketua pelaksana pengmas ini adalah Dr. Akhmad Taufiq Mukti dan melibatkan staf dosen Departemen MKI-BP, FPK Unair.

Pada kegiatan pengmas ini kami memberikan materi diskusi dan pelatihan tentang Budidaya Ikan Lele Sistem Akuaponik. Kegiatan ini kami harapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan pada masyarakat, khususnya kelompok mitra pengmas untuk mengaplikasikan budidaya ikan lele sistem akuaponik pada lahan yang terbatas.

Penulis : Akhmad Taufiq Mukti

Editor   : Annur Ahadi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *