Kolaborasi SES Jerman antara Prodi Teknologi Industri Hasil Perikanan FPK UNAIR

Kolaborasi SES Jerman antara Prodi Teknologi Industri Hasil Perikanan FPK UNAIR

image
By abdillah On Rabu, April 11 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK-Selama tahun 2017-2020, Fakultas Perikanan dan Kelautan akan berusaha untuk mengkonsolidasikan prestasi dan aktivitas sebelumnya dalam kolaborasi internasional. Maksud dari kerjasama 2017-2020 ini adalah untuk lebih memperkuat kolaborasi kelembagaan di bidang akademik dan penelitian. Dengan tujuan ini, program kolaborasi akan dimulai dengan memperkuat kerjasama di dalam Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR dan dunia ilmiah internasional.

Untuk mendukung visi dan misi UNAIR tersebut maka Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR menyelenggarakan kegiatan yang bekerja sama dengan Senior Expert Service (SES) yang berkedudukan di Jerman. Kegiatan tersebut berfokus pada perbaikan sistem pembelajaran dan pengembangan penelitian dengan jalan mengirimkan ahli senior yang telah berpengalaman puluhan tahun di bidang industri untuk memberikan pendampingan pada berbagai institusi, termasuk di dalamnya adalah universitas. Pada tahun 2017, Program Studi Teknologi Industri Hasil Perikanan mengirimkan proposal kepada SES Jerman untuk membantu pengembangan sistem pendidikan Kimia Pangan serta memberikan input terkait dengan penelitian dan pengembangan produk berbasis kimia pangan.

Kegiatan kerjasama dengan SES Jerman dimulai pada hari senin 9 April 2018. SES Jerman mengirim salah satu staf ahlinya Dr. Ralph Thomann ke FPK UNAIR. Kedatangan Dr. Ralph Thomann disambut langsung oleh Wakil Rektor III UNAIR. Pada sambutannya Prof. Moch Amin Alamsjah, PhD. yang juga didampingi Direktur AGE, Dekan FPK UNAIR dan Koordinator Program Studi TIHP mengungkapkan rasa terima kasih atas kesediaan SES Jerman mau berkolaborasi dan memberikan masukan terhadap pengembangan salah satu mata kuliah di Program Studi Teknologi Industri Hasil Perikanan di FPK UNAIR.

Nantinya selama 21 hari Dr. Ralph Thomman akan melakukan berbagai kegiatan yaitu:

  1. Kuliah tamu internasional
  2. Pertemuan strategis membahas kurikulum pembelajaran mata kuliah Kimia Pangan
  3. Diskusi dan masukan terkait dengan modul praktikum dan bahan ajar Kimia Pangan
  4. Kunjungan industri berbasis Kimia Pangan

Penulis :  Annur Ahadi Abdillah

Editor   : Dwi Yuli Pujiastuti

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *