Kunjungan TK Islam Al-Iman di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Kunjungan TK Islam Al-Iman di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

image
By abdillah On Senin, Oktober 29 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK. Ada pemandangan menarik di Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (UNAIR) pada hari Sabtu (27/10/2018) kemarin. Sebanyak 132 anak TK dan playgrup Al-Iman Surabaya berseragam warna warni terlihat memenuhi parkiran FPK UNAIR. Kedatangan anak-anak tersebut didampingi oleh Kepala Sekolah, Ariyani, S.Pd dan beberapa guru bertujuan untuk memperkenalkan perikanan baik jenis-jenis ikan dan produk perikanan kepada anak-anak usia dini tersebut. Meski agak terkejut menerima kedatangan tamu-tamu kecil yang begitu banyak, namun Wakil Dekan III Ir. Wahyu Tjahjaningsih, M.Si sangat antusias menerima tamu-tamunya itu. Dalam kesempatan itu, Wakil Dekan III Ir. Wahyu Tjahjaningsih, M.Si memberikan kata sambutan, “saya sangat  senang dengan kedatangan anak-anak TK dan Playgrup dari TK Islam AL-Iman. Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan dunia perikanan kepada anak-anak di usia dini karena luas wilayah kelautan di Negara Indonesia melebihi dari daratan sehingga diharapkan pada akhirnya anak-anak dapat mencintai laut sebagai bagian dari kehidupannya. Anak-anak inilah yang nantinya akan menjadi penerus bangsa dan negara yang akan mengembangkan negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju”.

Berbagai acara yang telah disiapkan oleh Panitia FPK, mulai dari Senam Gemar Ikan yang dipimpin oleh kakak-kakak mahasiswa dan diikuti oleh anak-anak TK dan playgrup serta para guru dan dosen FPK juga ikut meramaikan suasana. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan materi gemar ikan yang disampaikan oleh Muhamad Nur Ghoyatul Amin, S.TP., M.P., M.Sc yang menjelaskan  bahwa ikan merupakan salah satu jenis pangan sumber protein hewani yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, dan oleh karenanya perlu diperkenalkan berbagai jenis ikan kepada anak-anak sejak dini serta berbagai produk olahan perikanan salah satu contohnya adalah nugget ikan lele. “Anak-anak perlu tau bahwa ikan merupakan sumber protein utama yang sangat penting bagi pertumbuhan, karena itu kami merasa perlu memperkenalkan kepada mereka berbagai jenis ikan, dan mereka perlu tau bahwa ikan yang mereka santap tiap hari itu perlu proses panjang sebelum terhidang di meja makan. Kami juga sangat berterima kasih kepada pihak FPK UNAIR yang sudah memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar tentang jenis-jenis ikan dan produk perikanan disini, semoga anak-anak kami dengan mendapat ilmu baru mereka dapat menjadi anak-anak penerus bangsa yang berguna” ungkap Ariyani.

Selain memperkenalkan jenis-jenis ikan yang ada di FPK UNAIR, Bapak Ghoyatul juga memperlihatkan gambar-gambar ikan dan menjelaskan secara sederhana hewan laut yang telah diawetkan di dalam toples-toples kepada anak-anak yang cukup serius menerima penjelasannya. Untuk melatih keberanian dan kecepatan anak-anak TK dan playgrup maka panitia FPK mengadakan perlombaan menangkap ikan. Anak-anak terlihat bersemangat untuk mengumpulkan ikan agar memenangkan perlombaan, senyum dan tawa ceria mereka jelas terpancar di wajah mereka.

“Kedatangan tamu-tamu kecil hari ini membuat kami merasa bahagia, perikanan memang sangat perlu diperkenalkan kepada anak-anak sejak dini, untuk memancing minat mereka di bidang perikanan kelak ketika mereka mulai menginjak dewasa, terus terang saja minat generasi muda kita terhadap budidaya perikanan masih sangat minim, kami berharap nantinya mereka akan jadi pelopor pengembangan perikanan di Indonesia, karena di Indonesia sangat potensial untuk pengembangan perikanan. Memberikan pembelajaran tentang perikanan kepada anak-anak sejak dini sangat besar manfaatnya untuk membangkitkan minat mereka di bidang ini, kami berharap anak-anak TK dan playgrup bahkan siswa SD dan SMP juga mau belajar tentang perikanan dan cara budidaya sampai dengan pengolahan ikan di sini, FPK UNAIR selalu siap untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada anak-anak penerus bangsa dan negara” sambung Ghoyatul, Dosen FPK UNAIR.

Penulis : Dwitha Nirmala

Editor   : Dwi Yuli Pujiastuti

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *