Laporan Publik Semikat

Laporan Publik Semikat

  • SPARING

Senin, 14 Mei 2018 Departemen Seni, Minat dan Bakat BEM FPK 2018 kembali mengadakan agenda tahunan yaitu Sparing antar kampus. Sparing antar kampus merupakan kegiatan non akademik pada bidang Olahraga yang dilaksanakan dengan Universitas lain. Agenda sparing antar kampus yang dilaksanakan mencakup olahraga basket, futsal, volly, badminton dan tenis meja. Pelaksanaan agenda kali ini berbeda dengan agenda-agenda yang sebelumnya, sparing antar kampus selalu dilakukan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Namun tahun ini Departemen Semikat (Seni, Minat, dan Bakat) melaksanakan agenda sparing bersama dengan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya. Agenda ini juga merupakan Pertandingan Persahabatan antara FPK UNAIR dengan FTIK UHT. Salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu agar skill mahasiswa pada bidang olahraga dapat dikembangkan. Selain itu, agenda ini juga merupakan kegiatan awal dalam menjalin hubungan yang baik dengan Universitas yang ada di Surabaya khususnya Universitas Hang Tuah Surabaya.

  • MISTIK

Mistik (kaMis baTik) merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan setiap hari kamis oleh mahasiswa maupun dosen dan karyawan yang melakukan kegiatan di lingkup FPK. Agenda ini merupakan wujud dari kepeduliaan dan keikutsertaan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dalam melestarikan batik Indonesia. Penggunaan produk dalam negeri terutama produk penggunaan batik di Indonesia mulai menurun, sedikit sekali anak muda zaman sekarang yang menggunakan batik dalam kehidupan sehari-harinya. Maka dari itu agenda menggunakan batik ini diharapkan dapat meningkatkan minat pemuda-pemudi Indonesia zaman sekarang dalam menggunakan batik serta juga dapat melestarikannya.

  • SIE KEROHANIAN ISLAM

– Muslimah Corner

        Muslimah Corner merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam tujuan untuk memperdalam ilmu agama islam khususnya diperuntukkan bagi  akhwat  dengan materi  yang dibahas sesuai dengan perkembangan kehidupan sehari-hari. Semakin maju perkembangan zaman maka seorang wanita harus mempersiapkan ilmu dan wawasan agar dapat bersaing dengan  individu lainnya, namun alangkah lebih baiknya wawasan tersebut sesuai dengan syariat agama islam sehingga tidak meninggalkan aturan-aturan agama islam khususnya  bagi akhwat.

        Kegiatan ini sudah berjalan 3 kali pertemuan dengan judul yang berbeda-beda. Pertemuan pertama judul yang diambil yaitu “Menjadi Muslimah yang Inspiratif” selanjutnya pertemuan kedua dengan judul  “Muslimah Sukses Usia Muda”, dan pertemuan ketiga dengan judul  “Sekuat Aisyah, Setegar Fatimah, Selembut Khadijah”. Dari 3 kali pelaksanaan dengan pemateri berbeda-beda  yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Harapanya setiap peserta yang mengikuti dapat menyerap ilmu yang diberikan lalu dapat mengaplikasikan dikehidupan sehari-sehari.

– Kajian Akhwat

Kajian Akhwat merupakan sebuah kegiatan yang didalamnya mengkaji Ilmu Fiqih khususnya akhwat. Kegiatan ini disampaikan oleh pemateri yaitu seorang ustadzah yang ahli dalam ilmu fiqih dan diikuti oleh mahasiswi Fakultas Perikanan dan Kelautan. Acara kajian akhwat diadakan setiap dua minggu sekali tepatnya pada hari Jum’at. Harapan yang diinginkan dari kegiatan ini adalah peserta yang mengikuti kajian ini dapat memahami ilmu yang telah diberikan oleh ustadzah dan mengaplikasikan dalam kehidupannya sehingga sesuai dengan syariat Islam.

– Karamba

Kamis (17/05), Fakultas Perikanan dan Kelautan mengadakan acara KARAMBA (Kajian Ramadhan Berkah) yang dipelopori oleh SKI BEM FPK. Acara KARAMBA berlangsung selama tujuh hari dan bertempat di Mushola Al-Qolam dengan rangkaian acara kajian yang bertujuan untuk mendalami hakikat penting dalam bulan puasa. Pada salah satu kajian yang berjudul “Sambut Gempita Ramadhan” dengan pembicara Bapak Heru Purnomo, S.Pi., M. Biotech, menjelaskan bahwa ketika bulan Ramadhan perbanyak beribadah. Ibadah disini tidak terbatas pada ibadah ritual saja, melainkan setiap aktivitas diniatkan ibadah karena Allah SWT dan jangan lupa untuk senantiasa berdo’a. Dalam Q. S. Al- Baqoroh:186 Allah berfirman “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa Allah SWT senantiasa dekat dengan hambaNya yang sering memohon kepada-Nya. Di bulan Ramadhan ini, terdapat waktu-waktu yang istijabah untuk berdo’a, yaitu pada sepertiga malam terakhir (waktu sahur) dan waktu berbuka puasa. Selain itu, beberapa tema kajian lain yang diangkat adalah “Healthy in Fasting” dengan pembicara Bapak Brawijoyo, “Keutamaan Amalan Sunnah di Bulan Suci”, dan lain sebagainya.

– Sambut Alumni SKI

Sambut alumni adalah program kerja dari Departemen Hubungan Masyarakat SKI BEM FPK 2018 untuk menyambut para alumni SKI yang telah wisuda maupun sidang PKL. Adapun tujuan dari program kerja ini adalah untuk menjaga silaukhuwah dan merekatkan hubungan antara pengurus SKI dengan alumni SKI. Namun, untuk sementara lebih difokuskan pada alumni-alumni yang telah wisuda sehingga setidaknya terdapat empat kali pelaksanaan sambut alumni dalam satu periode kepengurusan. Program kerja ini sudah terlaksana sekali dalam satu semester tepatnya pada Sabtu, 3 Maret 2018 (Wisuda Periode Pertama 2018). Beberapa anggota SKI turut ikut serta dalam arak-arakan wisuda menyambut beberapa alumni SKI dengan memasuki ACC (Airlangga Convention Centre). Wisuda periode pertama terdapat tiga alumni SKI yang berhasil meraih gelar S.Pi diantaranya :

  1. Dwi Mirnasari, S.Pi (Wisudawan Terbaik Universitas)
  2. Arina Sarah Moutia, S.Pi (Wisudawan Terbaik Fakultas)
  3. Ulfi Nufita Sari, S.Pi

Salah satu pesan yang dapat disampaikan oleh para alumni adalah “jangan malas belajar, tetap tekun, istiqamah dalam beribadah, dan bekerja keraslah demi menggapai cita-cita baik di dunia maupun di akhirat”. Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang Mukmin akan melihat pekerjaanmu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu diberikan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (Surah At-Taubah : 105). Dari Anas ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak baik orang yang meninggalkan dunia untuk kepentingan akhirat saja, atau meninggalkan akhirat untuk kepentingan dunia saja, tetapi harus memperoleh kedua-duanya. Karena kehidupan dunia mengantarkan kamu menuju akhirat. Oleh karena itu jangan sekali-kali menjadi beban orang lain.” (H. R. Ibnu `Asakir).

– Bagi Ta’jil

Kamis 24 Mei 2018 dan 7 Juni 2018 telah terlaksana kegiatan bagi takjil sebagai bentuk sedekah dan kepedulian terhadap sesama umat. Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan yang dari  Departemen Humas dan Departemen Syiar SKI BEM FPK UNAIR 2018 yaitu dengan membagikan takjil berupa nasi bungkus, roti, dan minuman untuk berbuka puasa. Pembagian takjil dilakukan di daerah Kalijudan (Jalan Ir. Soekarno, Surabaya) dan di Jalan Ir. Soekarno yang berdekatan dengan SMPN 19 Surabaya. Kegiatan bagi takjil ini dilaksanakan selain untuk menghormati adanya bulan suci Ramadhan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dalam bentuk sedekah makanan untuk berbuka puasa.

Total donasi yang diperoleh yaitu Rp 1.000.000,-. Pada bagi takjil pertama hari Kamis, 24 Mei 2018 menggunakan dana sebesar Rp 500.000,- dengan takjil berupa nasi bungkus dan minuman. Dilanjutkan pada bagi takjil kedua yaitu hari Kamis, 7 Juni 2018 kami menggunakan sisa uang donasi sebesar Rp 500.000,- untuk takjil berupa roti dan minuman. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat An – Nisa’ ayat 114, “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.”