Laporan Publik Sosma

Laporan Publik Sosma

  • FISH (Fisheries in Sharing Health)

Give Blood Saves Lifes

     Selasa, 10 April 2018 BEM FPK UNAIR bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan aksi dalam menyelenggarakan kegiatan sosial. Kegiatan sosial donor darah merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan akan bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Kegiatan donor darah diikuti oleh seluruh civitas akademika sebanyak 128 calon pendonor dan telah berhasil terkumpul 46 kantong darah. Melalui kegiatan donor darah diharapkan seluruh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga menambah semangat dan kesadaran diri masing-masing akan pentingnya berbagi terhadap sesama. Oleh karena itu, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang akan diadakan oleh BEM FPK UNAIR.

  • FPK PEDULI
     Selama satu semester didapatkan donasi sebesar Rp 3.376.000,- disalurkan kepada civitas akademika yang tertimpa musibah.
  • LAYANAN PP

     Program ini dibuat sebagai pencegahan kecelakaan pada saat praktikum atau  beraktivitas. Jadi ketika ada  masyarakat FPK yang mengalami kecelakaan saat praktikum bisa langsung memperoleh pertolongan berupa obat-obatan yang sudah tersedia dengan demikian akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang lebih parah. Layanan Pertolongan Pertama ini tidak hanya untuk orang yang kecelakaan saja tapi untuk teman-teman yang sedang sakit, misalnya sakit kepala atau nyeri haid. Obat dapat diperoleh di Sekretariat Ormawa FPK UNAIR dan mengambil obatnya didalam kotak obat serta mengisi log book peminjaman obat-obatan. Ingatlah “Sebaik-baiknya pengobatan lebih baik Pencegahan” maka dari itu daripada mengobati lebih baik mencegah agar tidak sakit atau terjadi kecelakaan.

  • SAFARI

     Perlu diketahui bahwa masih banyak orang diluar lingkungan pendidikan yang bekerja larut malam bahkan bekerja di pagi buta tanpa sarapan terlebih dahulu karena terbatasnya ekonomi dan waktu, khususnya di Surabaya. Maka dari itu, Departemen Sosial Masyarakat BEM FPK UNAIR 2018 ingin mengajak warga FPK peduli terhadap sesama dengan cara mendonasikan sebagian rezeki kita berupa makanan dalam kegiatan “SAFARI” SedekAh Fajar pAgi haRI! Kegiatan ini berupa pembagian nasi bungkus di daerah masyarakat prasejahtera yang telah ditentukan. Donasi diperuntukkan bagi seluruh civitas FPK UNAIR. Donasi dapat berupa uang dan nasi bungkus. Safari telah dilaksanakan sebanyak 3 kali, yaitu pada 11 Maret 2018. Pembagian nasi bungkus di TPS Mulyorejo Surabaya. Kemudian pada 8 April 2018. Pembagian nasi bungkus di Kampung Nelayan Pantai Kenjeran Surabaya. Ketiganya spesial Ramadhan “Sahur On The Road” pada 1 Juni 2018. Pembagian nasi bungkus di Kampung Pemulung Keputih dan warga sekitar Keputih Surabaya.

  • WARING

WARING I

     Sabtu, 5 Mei 2018 telah berlangsung acara BEM FPK UNAIR bekerjasama dengan HIMABP PSDKU Banyuwangi dalam kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan SLB YKPTI Banyuwangi. Kegiatan bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus. Kegiatan bakti sosial ini, dikemas dengan tema “Pentingnya Konsumsi Ikan dan Bangga Perikanan Indonesia”. Melalui acara ini diterima sejumlah donasi berupa uang dan beberapa barang yang bisa digunakan oleh penerima. Uang donasi yang diterima sejumlah Rp 340.000,- dan donasi lain berupa baju, buku gambar, krayon, spidol warna, dan aquascape. Melalui kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat membuka kesadaran semua orang bahwa saudara yang memiliki kebutuhan khusus sangat butuh dukungan berupa dukungan psikis maupun materil. Oleh karena itu, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang akan diadakan oleh BEM FPK UNAIR nantinya

WARING II

     Kamis, 31 Mei 2018 BEM FPK Unair 2018 mengadakan kegiatan bakti sosial di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Cabang Surabaya. Kegiatan bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian terhadap saudara-saudara yang membutuhkan kebutuhan khusus dan mendapat dukungan dari sekitarnya. Kegiatan bakti sosial ini, diperoleh donasi berupa uang dan beberapa barang yang bisa digunakan oleh mereka. Uang donasi yang diterima sejumlah Rp 150.000,- dan donasi lain berupa barang yang diterima adalah buku gambar, buku cerita, dan alat tulis. “Sebaik-baiknya bersedekah yang paling baik adalah sedekah di bulan ramadhan.”