Maksimalkan Potensi Olahan Rumput Laut, BAPPEDA Kabupaten Pamekasan Undang Tiga Dosen FPK UNAIR Beri Penyuluhan Kepada Petani Rumput Laut

Maksimalkan Potensi Olahan Rumput Laut, BAPPEDA Kabupaten Pamekasan Undang Tiga Dosen FPK UNAIR Beri Penyuluhan Kepada Petani Rumput Laut

image
By abdillah On Jumat, Desember 15 th, 2017 · no Comments · In

Berita FPK– Kabupaten Pamekasan adalah salah satu kabupaten yang ada di Madura penghasil komoditi hasil rumput laut yang sangat baik  Selama ini hasil rumput yang dihasilkan masih dijual dalam bentuk bahan baku baik basah ataupun kering. Untuk itu Kabupaten Pamekasan dalam hal ini melalui Bapedda Kabupaten  Pamekasan ingin hasil rumput laut tersebut tidak hanya dalam bentuk bahan baku tetapi juga dalam bentuk olahan. Selain olahan  diperlukan adanya kelembagaan yang menaungi tentang bagaimana pengelolaan rumput laut. Untuk mengatasi permasalahan itu Bapedda Kabupaten Pamekasan meminta bantuan kepada Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk memberi materi penyuluhan tentang pembudidayaan rumput laut yang baik, kelembagaan pengelolaan rumput laut dan olahan hasil rumput laut.

Fakultas Perikanan dan Kelautan mengirimkan tiga tenaga pengajarnya yaitu Bapak  Prof. Ir. Moch. Amin Alamsjah, M.Si., Ph.D. untuk memberi materi tentang teknik  budidaya rumput laut, Bapak Ir. Agustono, M.Kes. untuk memberi tentang kelembagaan dalam hal pengelolaaan rumput laut serta Bapak Eka Saputra, S.Pi., M.Si sebagai pemberi materi tentang olahan olahan yang dihasilkan dari rumput laut. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2017 di kantor Bapedda Pamekasan. Acara yang diikuti para petani rumput laut berlangsung meriah, terlihatpeserta terlihat sangat antusias mengikutinya dan banyak memberikan pertanyaan pada saat acara diskusi berlangsung.

Pada materi tentang budidaya rumput laut, Prof Amin menyampaikan kelemahan dan keunggulan teknik budidaya rumput laut dari beberapa negara dan dibandingkan dengan teknik budidaya di Indonesia. “Teknik budidaya ini dapat dicoba  diterapkan oleh petani rumput laut di kabupaten Pamekasan untuk memperoleh hasil produksi maksimal, Ujar Professor yang telah lama berkecimpung di rumput laut. selanjutnya  Bapak Agustono memberikan gambaran betapa pentingnya sebuah koperasi untuk mewadahi kegiatan budidaya dan hasil rumput laut. Pada sesi materi ketiga Bapak Eka Saputra memberikan materi olahan yang bisa dibuat dari bahan dasar rumput laut. Tidak hanya materi tentang olahan, pada akhir sesi materi Pak Eka  memberikan parktek pembuatan olahan dari rumput laut. Peserta dapat melihat dan mempraktekkan langsung membuat olahan  yaitu brownis rumput laut, es krim rumput laut, marsmallow dan tortilla dari rumput laut. Ikut juga tiga orang mahasiswa FPK UNAIR mendampingi peserta dalam pembuatan produk rumput laut.

Penulis  : Eka Saputra

Editor    : Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *