Membedah Pesona Perikanan dan Kelautan melalui Airlangga Maritime Conference 2017

Membedah Pesona Perikanan dan Kelautan melalui Airlangga Maritime Conference 2017

image
By abdillah On Kamis, Desember 07 th, 2017 · no Comments · In

Airlangga Maritime Conference 2017 telah diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga pada tanggal 18 November 2017 yang lalu, mengusung tema “Pengembangan Sektor Kemaritiman dan Kelautan Berbasis Enterpreneurship Guna Menjadikan Laut Indonesia yang Mandiri dan Berkelanjutan”, acara ini dibagi menjadi dua sesi yaitu seminar dan talkshow. Sesi Seminar AMC 2017 ini di isi oleh presentasi dan sesi tanya jawab dari Ir. Mohammad Najikh selaku Direktur Kelola Mina laut dan Awalrush Andira, S.Pi, MMA dari kepala Sub-bagian penyusunan Program dan Anggaran yang mewakili pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur.

Dalam sesi ini audience diajak untuk mengembangkan ide wirausaha perikanan yang mampu mensejahterahkan orang banyak namun dengan teknologi yang ramah lingkungan dan memperhitungkan Sustainability,tak lupa para narasumber juga memberikan materi bagaimana cara mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan indonesia menjadi mendunia. “Kalian disini sebagai mahasiswa perikanan tidak boleh minder dan berkecil hati.” Ungkap Bapak Najikh saat mengisi acara untuk memotivasi para audience. Dalam acara ini Bapak Awalrush Andira atau yang kerap disapa Bapak Rendi menjelaskan pula bagaimana usaha Dinas Kelautan dan Perikanan untuk melestarikan laut salah satunya dengan cara membuat lingkungan buatan bagi biota laut dan bagaimana cara untuk memajukan masyarakat nelayan melalui edukasi serta pemberian sarana dan prasarana guna membantu proses penangkapan hingga pemasaran produk perikanan. Sebenarnya masih banyak permasalahan yang dihadapi dalam sektor perikanan dan kelautan seperti dalam bidang sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi masalah itu kini sudah mulai teratasi satu persatu. diharapkan keikutsertaan peran masyarakat untuk membantu program yang dilaksanakan oleh pemerintah demi kelestarian perikanan dan kelautan dan mencegah kepunahan maupun rusaknya laut beserta pantai di indonesia.

Pada sesi kedua di isi Talkshow inspiratif yang di isi oleh 3 Pengusaha Muda Perikanan pemilik dari PT. Nagrofa Aqua Kultura yang sedang berfokus pada tambak udang bertempat di Madura Jawa Timur, pengusaha bersahabat ini bernama : Dwianto Apriono, Hans Kevin Handoko, dan Royce Xavier Sutanto. Berlatar belakang memiliki kecintaan terhadap produk pangan dengan kualitas yang baik mereka percaya bahwa Indonesia mempunyai potensi yang sangat baik di bidang budidaya perikanan dan masih belum mempunyai banyak pengelola yang ahli, mereka beranggapan bahwa budidaya perikanan yang di kelola dengan baik dapat memberikan nilai tambah tidak hanya bagi pebisnis tetapi juga untuk kemajuan industri pangan bangsa.

Kemudian ada Revindia Carina Putri Bahari Indonesia Lingkungan 2015 yang juga merupakan Miss Global Beauty Queen Indonesia 2017 Mahasiswi dari Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga yang bercerita mengenai bagaimana wisata bahari dapat berkembang dan membantu perekonomian Indonesia, serta apa langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh generasi penerus bangsa untuk menjaga kelestarian dan meningkatkan produktifitas wisata bahari yang ada, tak lupa Revindia Carina juga menceritakan awal mula kisahnya menjadi Putri Bahari Indonesia Lingkungan 2015 dikarenakan ayahnya memiliki pekerjaan yang berubungan dengan perikanan dan kelautan sehingga Revin sudah tidak asing dengan pantai dan laut sejak masa kecilnya, serta bercerita segala perjalanan prestasi yang ia dapatkan hingga saat ini.

Acara ini mendapatkan banyak apresiasi dari audience, sesama narasumber, dan para tamu yang datang dalam acara tersebut. Hal ini dikarenakan Airlangga Maritime Conference 2017 mengusung tema yang tidak biasa dan mampu memotivasi para audience nya. “Menurut aku acara ini keren banget karena menggagas ide nya tidak biasa dan cocok buat para remaja seperti mayoritas mahasiswa yang jadi audience, aku juga senang banget bisa ketemu dengan orang-orang hebat seperti narasumber lainnya jadi pengetahuan aku soal perikanan dan kelautan pun bertambah walaupun aku berasal dari Ilmu Komunikasi.” Ungkap Revindia Carina ditemui usai mengisi acara.

Penulis : Fauzia Amirah

Editor :   Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *