Ning Nur Fitriani Berbagi Ilmu Membedah Dokumen Ekspor Pada Diskusi Online IKA UA Fakultas Perikanan dan Kelautan

image
By abdillah On Rabu, Maret 28 th, 2018 · no Comments · In ,

Berita Alumni-Ikatan Alumni Universitas Airlangga Komisariat  Fakultas Perikanan dan Kelautan kembali memberikan sumbangsih melalui salah satu program andalan yaitu diskusi online. Diskusi online kali ini mengambil tema membedah dokumen ekspor pada usaha perikanan. Pemateri pada diskusi yang berlangsung sangat seru ini yaitu Ning Nur Fitriani. Alumni yang biasa disapa dengan Ning Nunung ini merupakan  Alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga angkatan 2009. Ning Nunung  ini merupakan salah satu staf perusahaan eksportir produk perikanan yang terkenal di Indonesia yaitu PT. KML FOOD. “Kebetulan saya menjadi salah satu staf bagian dokumen ekspor, Sehingga kebetulan sedikit mengerti tentang dokumen ekspor terutama dokumen bidang perikanan” Ujar Ning Nunung merendah. Tercatat sebanyak 30 orang peserta diskusi dari berbagai profesi sperti mahasiswa sampai praktisi ekspor import ikut bergabung.

Diskusi online dilaksanakan pada 21 Maret 2018 mulai pukul 20.15 sampai 22.30 WIB di moderatori oleh Ning Winarti Alumni FPK angkatan 2012. Diawal diskusi moderator menjelaskan aturan main kemudian mempersilahkan pemateri memberikan materi kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab.  Materi yang disampaikan  yaitu terdiri dari :

  1. Persayaratan harus dipenuhi sebuah UPI untuk Ekspor Ikan Beku
  2. Apa yang dilakukan sebelum melakukan Ekspor
  3. Syarat Dokumen Ekspor Ikan Beku
  4. Jenis pembayaran dalam Ekspor

Artikel terkait : Ringkasan Materi Diskusi Online: Bedah Dokumen Ekspor


Pengalaman selama 4,5 tahun membuat ning Nunung mampu secara detail menjelaskan kebutuhan dokumen ekspor. Dalam diskusi ini juga dijelaskan beberapa istilah asing dalam dokumen ekspor sehingga para peserta dapat mengerti istilah tersebut. Pada sesi tanya jawab terlihat para peserta antusias bertanya. Salah satu penanya yaitu Cak Royan alumni 2010. Cak royan  mengajukan pertanyaan enam pertanyaan. Alumni  yang sedang melanjutkan kuliah Master di Norwegia ini bertanya seputar tentang Surat Izin Usaha Perikanan, Nomor Pokok Wajib Pajak Pada Usaha Perikanan, Sertifikat HACCP dan Kawasan Berikat. Ikut serta dalam tanya jawab Cak Andre yang juga merupakan praktisi di bidang Ekspor produk perikanan.

Dalam pernyataan penutupnya, Ning Nunung menjelasakan bahwa “Kegiatan Ekspor sangat rumit dan bisa dibilang gampang gampang susah, dokumen Ekspor pun sama apalagi saat ini banyak regulasi yang semakin update hingga detail ke akarnya. Harus jelas dari hulu hingga ke hilir.  Namun rekan jangan pantang menyerah, karena sesulit apapun serumit apapun, semua hal pasti bisa diatasi asal kita punya niat, usaha dan doa.Terima kasih atas kesempatannya, mungkin rekan-rekan bisa  menghubungi saya jika dirasa forum ini kurang mengena”.

 

Penulis : Annur Ahadi Abdillah

Editor   : Dwi Yuli P.

103 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *