PEMUASAAN PADA IKAN GURAMI (Osphronemus goramy) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBERIAN PAKAN YANG EFISIEN

By Muhammad Arief On Rabu, September 11 th, 2019 · no Comments · In

PEMUASAAN PADA IKAN GURAMI (Osphronemus goramy) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBERIAN PAKAN YANG EFISIEN

Peningkatan perkembangan usaha budidaya ikan gurami membuat kebutuhan akan pakan semakin bertambah. Pakan sebagai sumber energi untuk tumbuh merupakan komponen biaya produksi yang jumlahnya paling besar yaitu 60-70%. Kebutuhan pakan yang sangat besar ini menimbulkan permasalahan bagi petani ikan dimana harga pakan yang semakin mahal sehingga memperbesar biaya produksi, selain itu sering kali pemberian pakan dilakukan secara berlebihan dan tidak terkonsumsi  akan menimbulkan penurunan kualitas air. Kondisi ini mendorong dikembangkannya metode pemberian pakan yang efisien dan efektif. Salah satu metode pemberian pakan yang efisien dan efektif adalah metode pemuasaan.

Pemuasaan merupakan pengurangan pemberian pakan secara berkelanjutan pada waktu-waktu tertentu. Pemuasaan secara periodik (1-3 hari) menunjukkan pertumbuhan yang relatif sama antara ikan yang dipuasakan dengan yang tidak dipuasakan dan ada penghematan pakan sebanyak 15-40%, pada ikan yang telah dipuasakan. Hal ini di karenakan pada pemuasaan menyebabkan aktivitas enzim protease pada pencernaan menurun, sehingga pada saat pemberian pakan kembali memicu peningkatan aktivitas protease. ikan yang dipuasakan selama satu, dua, atau tiga hari kemudian diikuti dengan pemberian pakan kembali, maka ikan akan mengalami hyperphagia. Hyperphagia adalah periode nafsu makan yang bertambah pada ikan, tetapi pada dua sampai tiga hari akan mengalami penurunan nafsu makan kembali.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemuasaan (1-2 hari) pada ikan gurami dapat digunakan untuk pertumbuhan yang optimal, menurunkan nilai rasio konversi pakan, meningkatkan nilai efisiensi pakan, retensi protein dan sebagai alternatif mengurangi biaya pakan yang tinggi dalam budidaya ikan gurami.

Referensi

Arief, M., N. Fitriani., S. Subekti. 2014. Pengaruh Pemberian Probiotik Berbeda pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias     sp.). Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan. 6 (1) : 47-56.

Cho, S. H., S. M.Lee; B. H. Park, , S. C. Ji, J. Lee,; J. Bae, and S. Y. Oh, 2006. Compensatory growth of Juvenile Olive Flounder, Paralichthys olivaceus, L., and Changes in Proximate Composition and Body Condition Indices during Fasting and after Refeeding in Summer Season. Journal of the World Aquaculture Society. 37, 2:168-174.

Walter, M., Trippel, E.A., & Peck, M.A. 2013. Compensatory growth in young seedling Atlantic cod. Institute of Hydrobiology and Fisheries Science, University of Hamburg. Germany,   ICES CM. E: 12.

Yuwono, E., P. Sukardi dan I. Sulistyo. 2005. Konsumsi dan efisiensi pakan pada ikan kerapu bebek (Cromileptes altivelis) yang dipuasakan secara periodik. Berk. Penel. Hayati. 10(3) : 129-132.

Penulis
Muhammad Arief
Departemen MKI-BP
Email: m_arief_bp@yahoo.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *