Program Kemitraan Masyarakat (PKM) “Aplikasi Teknologi Induce Spawning Dalam Pembenihan Ikan Lele”

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) “Aplikasi Teknologi Induce Spawning Dalam Pembenihan Ikan Lele”

image
By abdillah On Senin, November 05 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK. Salah satu wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi oleh staf dosen adalah program pengabdian kepada masyarakat. Sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Program Kemitraan Masyarakat yang dilakukan oleh Staf Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didanai oleh Kemenristekdikti dalam skema Program Kemitraan Masyarakat.

Program Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan pada kelompok mitra pembudidaya ikan lele di Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, tepatnya di Kelompok Kampong Lele sebagai pusat pelaksanaan kegiatan. Kegiatan PKM ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat pembudidaya ikan lele yang selama ini memiliki permasalahan penting terkait penyediaan benih ikan lele dalam usaha budidaya ikan lele. Selama ini kelompok mitra PKM mengalami kendala dan kesulitan mendatangkan benih ikan lele dari luar daerah, seperti Banyuwangi dengan biaya yang cukup besar. Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan ilmu pengetahuan dan aplikasi teknologi induce spawning (TIS) untuk pembenihan ikan lele dalam rangka penyediaan stok benih ikan secara mandiri dan massal pada masyarakat pedesaan atau pesisir.

Output kegiatan PKM ini adalah peningkatan pengetahuan dan aplikasi teknologi dalam pembenihan ikan lele secara mandiri oleh masyarakat pembudidaya ikan lele, khususnya kelompok mitra PKM. Outcome kegiatan PKM ini adalah kontribusi dalam penyediaan stok benih ikan lele secara massal tanpa ketergantungan dari luar daerah dan mengurangi biaya produksi budidaya ikan lele. Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh staf dosen dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, yaitu Dr. Akhmad Taufiq Mukti selaku Ketua Tim Pelaksana dan Dr. Ahmad Shofy Mubarak serta dibantu oleh salah satu staf dosen dari Fakultas Pertanian, Universitas Islam Madura, Pamekasan.

Kegiatan PKM ini terdiri dari penyampaian materi dan diskusi serta pelatihan teknologi induce spawning (TIS) dan demoplot pembenihan dan budidaya ikan lele yang baik. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa masyarakat pembudidaya ikan lele telah mampu menerapkan iptek tentang TIS dan bersemangat untuk mengembangkan pembenihan ikan lele secara mandiri. Diharapkan di masa mendatang, produksi dan ketersediaan stok benih ikan lele dapat terpenuhi secara massal dan mandiri oleh kelompok pembudidaya ikan.

Penulis : Akhmad Taufiq Mukti

Editor : Annur Ahadi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *