Program Kerja Sosma

Program Kerja Sosma

Program Kerja Periode 2018

  1. SALMON (Social and Learning Activity with Morality for Nation)

Serangkaian acara kegiatan mengajar oleh mahasiswa secara sukarela yang dilakukan di desa tertentu dan kegiatan sosial berupa penyuluhan pembuatan berbagai produk perikanan yang berpotensi dikembangkan menjadi usaha skala rumahan untuk membantu masyarakat yang ada di desa tersebut.

  1. FISH (Fisheries In Sharing Health)

Suatu acara kemanusiaan berupa mendonorkan darah yang dilaksanakan di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga yang berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya. Kegiatan akan dilaksanakan dua kali yaitu saat semester genap dan semester ganjil.

  1. Layanan Pertolongan Pertama

Pembentukan suatu unit kesehatan yang melayani pertolongan pertama di Fakultas Perikanan dan Kelautan berupa adanya obat-obatan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa secara gratis, serta adanya peenyuluhan untuk tindakan yang sebaiknya dilakukan ketika melakukan pertolongan pertama bagi civitas akademika di FPK.

  1. Info Virtual MABA

Menunjang kebutuhan informasi bagi mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Kelautan yang mencakup info-info seputar kampus, rumah kost, kontrakan, asrama, rumah sakit, pusat belanja, bengkel, dan lain-lain. Informasi dapat berupa jaringan di media sosial yang dapat diunduh di smartphone agar efektif dan efisien. Proker ini bekerja sama dengan beberapa anggota dari UKM di Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk membantu memberikan informasi dan memperkenalkan Fakultas Perikanan dan Kelautan terhadap mahasiswa baru.

  1. GURAME (Improving Young Generation’s Awareness of Marine Ecosystems)

Sebuah metode pengajaran dengan buku dan video perikanan karya mahasiswa FPK UNAIR mengenai wawasan dunia perikanan dan kelautan pada generasi muda serta pemanfaatannya.

  1. SAFARI (Sedekah Fajar Pagi Hari)

Kegiatan bagi-bagi sedekah berupa nasi dan minum di pagi hari. Uang didapatkan dari donasi seluruh warga FPK dan umum.

  1. FPK Go Green

Sebuah kegiatan perlombaan untuk membuat dan memperbanyak ruang terbuka hijau di lingkungan kampus yang dilakukan mahasiswa FPK UNAIR pada saat kegiatan Dekan Cup.

  1. GEMPA (Gerakan Membersihkan Pantai)

Kegiatan membersihkan pantai dan menggalakkan tong sampah serta penanaman nilai cinta alam serta kepemimpinan yang dilakukan oleh Mahasiswa Baru FPK UNAIR tahun 2018.

  1. Video Project Etika di Kampus

Pembuatan video etika yang baik selama di kampus, meliputi penggunaan jas laboratorium, etika makan di kantin, sholat di musholla, memasuki laboratorium dan lainnya.

  1. Studi Banding SOSMA

Kegiatan Studi Banding di kampus lain untuk silaukhuwah, menggali informasi, dan melakukan kerjasama seputar kegiatan sosial masyarakat.

  1. SOSMA Mengajar

Kegiatan mengajar yang bekerjasama dengan salah satu ORMAWA di Universitas Airlangga. Kegiatan mengajar ini dikhususkan untuk memberikan materi seputar dunia perikanan dan kelautan yang ada di rumah belajar daerah Surabaya.

  1. CLOWN FISH (Charity Zeal on Wonderful Ramadhan and Breakfasting Sharing)

Sebuah kegiatan bakti sosial yang diadakan dengan kerjasama antara BEM FPK UNAIR 2018 dengan HIMA PSDKU 2018. Kegiatan ini dilakukan pada salah satu rumah singgah atau yayasan yang menangani penderita kanker yang ada di Kab. Banyuwangi.

  1. FPK Peduli

Kegiatan galang dana atas peristiwa tidak terduga yang dibuka untuk meringankan beban sesama.