Redesain Dan Telaah Kurikulum Program Studi Budidaya Perairan Dan Teknologi Industri Hasil Perairan Sukses Diselenggarakan

Redesain Dan Telaah Kurikulum Program Studi Budidaya Perairan Dan Teknologi Industri Hasil Perairan Sukses Diselenggarakan

image
By abdillah On Senin, Januari 15 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK- Kurikulum merupakan panduan penting dalam menentukan kemampuan lulusan dari suatu institusi pendidikan, sehingga upaya untuk melakukan penyesuaian pembelajaran dengan harapan stake holders menjadi salah satu prioritas Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Oleh karena proses perubahan zaman yang demikian pesat, maka kurikulum yang telah digunakan sebagai arah gerak fakultas menjadi penting untuk ditinjau kembali. Hal tersebut menjadi landasan perlunya dilaksanakan redesain kurikulum prodi  S1 Budidaya Perairan (BP)  dan telaah kurikulum Prodi S1 Teknologi Industri Hasil Perikanan (TIHP) FPK UNAIR.

Kegiatan redesain kurikulum prodi BP dan telaah prodi TIHP tersebut telah terlaksana dengan baik pada hari Selasa hingga Rabu, 9- 11 Januari 2018 di Aria Central Hotel, Surabaya. Redesain kurikulum prodi BP dinilai penting karena berdasarkan masukkan stakeholders yang telah diundang sebelumnya menunjukkan ada beberapa mata kuliah serta keterampilan lulusan yang perlu ditingkatkan. Untuk menanggapi masukan tersebut, maka FPK UNAIR membentuk tim kecil dan rapat besar untuk menyamakan persepsi kurikulum BP dan TIHP. “Ini merupakan momen yang sangat penting guna peningkatan upaya FPK dalam menghasilkan lulusan berkualitas “  tambah Prof Dr. Mirny Lamid, drh, M.P. selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, UNAIR.

Redesain Kurikulum BP juga membahas terkait penyesuaian nama prodi Budidaya Perairan menjadi Akuakultus serta prodi Teknologi Industri Hasil Perikanan menjadi Teknologi Hasil Perikanan sesuai dengan kesepakatan forum dekan fakultas perikanan se-Indonesia. “UNAIR ditargetkan mencapai Top 500 World Class University pada tahun 2019 sehingga kita memiliki tantangan yang berat bagi kita semua, namun saya yakin dengan bergandengan tangan untuk memberikan yang terbaik bagi FPK, UNAIR, dan Indonesia, kita mampu mencapai visi bersama tersebut” imbuh Prof. Dr. Mirny Lamid, drh., M.P.

Terakhir, kegiatan yang telah diselenggarakan ini diharapkan menjadi tonggak perubahan nyata bagi FPK UNAIR untuk mencapai visi dan misi serta guna mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan amanat UUD 1945.

Penulis : Heru Pramono, M.Biotech

Editor   : Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *