REKTOR UNAIR : WISUDAWAN HARUS MENGAMBIL PERAN BARU SEBAGAI PEMIMPIN

image
By WAHJU TJAHJANINGSIH On Sabtu, September 07 th, 2019 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Wisuda Universitas Airlangga periode September 2019, Rektor Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CM menyampaikan beberapa pesan kepada wisudawan. Lewat sambutannya, Prof. Nasih mengatakan bahwa saat ini wisudawan UNAIR telah menyandang gelar baru sebagai pemimpin.

“Identitas baru saudara (wisudawan, Red) semuanya adalah pelopor-pelopor. Anda semuanya adalah leader yang dihasilkan oleh Universitas Airlangga,” ungkapnya.

Sebagai seorang pemimpin, lanjutnya, maka wajib untuk bekerja dan berjuang keras untuk menjadi pemimpin yang berhasil di masa ini maupun masa mendatang. Untuk bisa berhasil, tentunya dibutuhkan perjuangan dan energi yang sangat luar biasa.  Selain itu, juga diperlukan kontribusi dari semua pihak. Terlebih lagi, kondisi saat ini sudah jauh berbeda.

Perubahan-perubahan terjadi silih berganti. Bahkan ada beberapa hal, fungsi manusia telah banyak tergantikan oleh fungsi mesin. Tentu hal itu menjadi tantangan bagi kita semua.

“Sebagai seorang pemimpin, kita harus membuat keberhasilan baru dan melahirkan arti maupun manfaat-manfaat baru bagi umat manusia,”ucap Rektor UNAIR itu.

Ujung dari semua keberhasilan dan perjuangan sesungguhnya adalah bagaimana kita menjadi orang yang dapat memberikan arti serta manfaat bagi umat manusia. Di samping itu, lanjut Prof Nasih, kita harus memikirkan kembali bahkan jika diperlukan mengubah peran yang akan kita ambil setelah lulus.

Terutama sebagai lulusan UNAIR, peran hari ini sudah harus berbeda dengan peran yang diambil sebelumnya. Hal itu karena tuntutan lingkungan yang akan dihadapi dan bekal yang dibawa sudah berbeda.

“Dulu magister, sekarang sudah doktor. Dulu masih sarjana, sekarang sudah magister. Dulu masih ahli madya, sekarang sudah sarjana,” ucap Prof Nasih.

“Setelah menjadi doktor lantas apa perannya. Setelah menjadi magister, apa peran yang akan kita ambil. Setelah menjadi sarjana demikian juga ahli madya, apa peran yang akan kita mainkan di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Prof. Nasih mengatakan kepada wisudawan, bahwa setelah menyandang gelar yang baru, penting untuk mengadopsi identitas baru dan memegangnya erat-erat.

Sementara itu, Prof. Nasih juga menyampaikan ucapan selamat, harapan serta doa-doa kepada para wisudawan. “Mudah-mudahan saudara semua juga nanti akan sukses melewati pembelajaran dan ujian-ujian kehidupan yang justru SKS nya jauh lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Sumber
http://news.unair.ac.id/2019/09/06/rektor-unair-wisudawan-harus-mengambil-peran-baru-sebagai-pemimpin/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *