Serunya Praktek Kerja Lapang Gisty di Kasertsart University

Serunya Praktek Kerja Lapang Gisty di Kasertsart University

image
By abdillah On Selasa, Maret 13 th, 2018 · no Comments · In

Saya Gisty, mahasiswi semester 6 jurusan Teknologi Industri  Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Tulisan ini akan berisi tentang pengalaman saya saat melakukan internship  selama satu bulan di Negeri Gajah Putih, Thailand.

            Perjalanan ini dimulai dari kewajiban untuk memenuhi mata kuliah semester 6 yaitu PKL (Praktek Kerja Lapang). Awalnya tidak terbesit dalam pikiran saya untuk melakukan PKL di Thailand, terlalu jauh rasanya. Tapi, kebetulan saya diberi kesempatan oleh Bapak Muhammad Nur Ghoyatul Amin S.TP., MP., M.Sc. untuk melakukan PKL di Thailand yaitu di Kasetsart University yang semua akomodasi ditanggung oleh pihak Universitas Airlangga. Dan kesempatan ini hanya diberikan kepada empat mahasiswa yang beruntung.

            Saya akhirnya menelusuri dunia maya  untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Kasetsart University. Hasilnya saya tertarik dengan Kasetsart University yang akhirnya saya terima tawaran untuk PKL disana. PKL akan berlangsung selama  satu bulan dimulai dari tanggal 1 Februari 2018 sampai dengan 1 Maret 2018.

            Persiapan demi persiapan saya lakukan dengan ketiga teman saya yang juga mendapatkan kesempatan yang sama yaitu Evianti Adissa, Ragil Setia dan Rizky Distiawan. Dimulai dari mempersiapkan mental, judul bahasan, hingga itinerary  selama satu bulan, dimulai dari tiket pesawat, dorm hingga perbekalan yang harus dibawa dari Indonesia.

            Judul yang saya terapkan dan pelajari disana adalah Extraction and Analysis Calcium of Milkfish Scales (Ekstraksi dan Analisis Kalsium pada Sisik Ikan Bandeng). Untuk mempersiapkan itu saya melakukan konsultasi  online dengan dosen pembimbing dari kedua Universitas, yaitu Universitas Airlangga dan Kasetsart University.

            Singkat cerita, setelah semua persiapan telah terpenuhi, tibalah saatnya saya dan teman-teman untuk berangkat ke Thailand. Perjalanan dimulai dari Soekarno-Hatta International Airport menuju Don Mueang International Airport. Perjalanan memakan waktu selama 3 jam. Sesampainya di Thailand saya dan rekan lainnya langsung menuju ke Faculty of Fisheries Kasetsaart University untuk bertemu dengan dosen pembimbing saya yang kemudian diantar menuju International Dormitory yang ada didalam lingkungan kampus.

            Selama melaksanakan PKL di Thailand, saya melakukan kegiatan di Processing Laboratory dan juga Chemical Laboratory milik Fisheries Product Departement Kasetsart University untuk menyelesaikan bahasan yang ingin saya pelajari disana. Selama melakukan aktivitas di laboratorium, Saya dibantu oleh mahasiswa S2 yang kebetulan merupakan  mahasiswa bimbingan dosen saya disana yang bernama Pe Toh. Kegiatan di laboratorium berlangsung setiap hari Senin-Jumat mulai pukul Sembilan pagi sampai dengan empat sore. Sabtu dan Minggu saya dan teman-teman gunakan untuk jalan-jalan disekitaran kampus atau ke tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan di Bangkok.

            Kegiatan Laboratorium selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan saya isi dengan ekstraksi kalsium, dimulai dari penimbangan bahan baku, pencucian bahan menggunakan cairan asam dan basa, air hasil pencucian tersebut kemudian disesuaikan pH-nya menggunakan NaCl dan kemudian disimpan  untuk proses filtrasi. Air tersebut disaring menggunakan kertas Whatman nomor dua, dan selanjutnya dioven untuk mengurangi kadar air. Hasil oven tersebut akan dibandingkan hasil rendemennya untuk menentukan kualitas dari produk akhir.

            Hasil ekstraksi yang telah saya lakukan nantinya bisa diaplikasikan untuk fortifikasi bahan pakan ikan maupun ternak untuk menambah kadar kalsium dan mineral pakan tersebut. Pada tanggal 28 Februari 2017, kami mempresentasikan hasil PKL yang telah kami lakukan selama satu bulan. Tidak lupa kami memberi kenang-kenangan berupa plakat dan kain batik khas Indonesia pada pembimbing lapang dari pihak Kasetsart University .Semua kegiatan di Kasetsart University telah kami lakukan dengan baik.

            Bangkok adalah salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal bukan hanya di Asia tapi juga diseluruh dunia, Bangkok juga merupakan kota dengan perkembangan paling pesat saat ini dan telah menimbulkan kesan baik yang tidak terlupakan bagi kami. Merupakan sebuah pengalaman yang berharga  selama mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapang di Kasetsart University. Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan Praktek Kerja Lapang yang telah berlangsung bulan Februari. Terimakasih telah membuat kami terasa seperti dirumah sendiri.

Penulis  : Gisty Zahra F.

Editor    : Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *