Sosialisasi Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR ke Kota Madiun, Ponorogo dan Pacitan

Sosialisasi Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR ke Kota Madiun, Ponorogo dan Pacitan

image
By abdillah On Jumat, Mei 11 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPKFakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga  melakukan kunjungan di wilayah Jawa Timur yaitu di kota Madiun, Ponorogo dan kota Pacitan. Kunjungan dilakukan pada hari Senin sampai dengan Rabu, pada tanggal 23 April sampai 24 April 2018 dan dilakukan oleh 2 orang dosen dan 1 orang tenaga kependidikan yaitu : Ir. Agustono., M.Kes, Daruti Dinda N., S.Pi.,MP dan Yuli Fajriati.

Kunjungan menuju tiga kota tersebut dalam rangka untuk menjalin silaturahmi dengan dinas terkait, menjalin koordinasi untuk mencari lokasi PKL yang baru bagi mahasiswa, dan lebih memperkenalkan Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair kepada siswa kelas XII yang akan menempuh ujian masuk sebagai mahasiswa. Berita hasil kunjungan adalah sbb :

Madiun :

SMAN 1, SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 1 Saradan, SMAN 1 Mejayen, SMAN 2 Mejayen, SMAN 1 Nglames. Dinas Pertanian dan Perikanan Madiun

Bidang perikanan di Kabupaten Madiun tidak begitu berkembang, karena apabila di lihat dari letak lokasi geografisnya, di Madiun tidak berbatasan dengan laut, sehingga potensi perikanan baik dari bidang budidaya dan bidang pengolahan tidak ditemukan di kota Madiun.

Untuk SMU di Madiun, sudah beberapa orang yang mengenal jurusan perikanan dan kelautan, UNAIR. Akan tetapi karena propek daerah untuk bidang perikanan di daerah tidak berkembang, maka minat untuk mengambil jurusan ini sangat minim. Pola berpikir masyarakat masih bersifat kedaerahan.

Ponorogo

 SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 1 Kauman, SMAN 1 Badegan, SMAN 1 Sampung, SMAN 1 Babadan. Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo.

Bidang perikanan di Kabupaten Ponorogo tidak begitu berkembang, sama halnya dengan kota Madiun, apabila di lihat dari letak lokasi geografisnya, di Ponorogo tidak berbatasan dengan laut, sehingga potensi perikanan baik dari bidang budidaya dan bidang pengolahan tidak ditemukan di kota Ponorogo.

Dalam data hasil komunikasi dengan pihak sekolah, ada siswa yang sudah diterima di jalur SNMPTN jurusan Budidaya Periaran UNAIR, yaitu siswa dari SMAN 1 Babadan dengan program Bidik Misi.

Pacitan

SMAN 1 Pacitan, SMAN 2 Pacitan. Dinas Kelautan dan Perikanan Pacitan, Kelompok Usaha Lele, Kelompok Usaha Ikan Nila, kelompok usaha pengolahan tuna traditional, Kelompok Usaha Pengolahan Kerupuk Ikan.

Kota Pacitan banyak terdapat jenis usaha perikanan secara traditional dalam skala rumah tangga, meliputi beberapa indutri pengolahan tahu tuna, industri krupuk ikan dan pengolahan ikan lainnya. Bahkan hasil olahan produk tersebut menjadi sentra oleh oleh khas kota Pacitan. Untuk bidang budidaya, di kota Pacitan banyak dikembangkan usaha traditional dibawah bimbingan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pacitan.

Akan tetapi tempat-tempat tersebut belum dapat digunakan sebagai tempat PKL mahasiswa karena keterbatasan tempat dan belum adanya data yang bersifat ilmiah untuk proses belajar mahasiswa.

 

Penulis : Daruti Dinda Nindarwi

Editor   : Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *