Terapkan Metode Student Center Learning, Dosen UMT berikan kuliah tamu tentang Aquatic Ecology di FPK UNAIR

Terapkan Metode Student Center Learning, Dosen UMT berikan kuliah tamu tentang Aquatic Ecology di FPK UNAIR

image
By abdillah On Kamis, Desember 06 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK– Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (FPK UNAIR) kembali menyelenggarakan kuliah tamu dengan mendatangkan dosen tamu dari luar negeri. Kuliah tamu rutin diselenggarakan FPK UNAIR untuk meningkatkan wawasan keilmuan mahasiswa. Kali ini,  FPK UNAIR mendatangkan Dosen Pusat Pengajian Sains Perikanan dan Akuakultur Universiti Malaysia Terengganu Bapak Assoc. Prof. Dr. Mohd.  Hanafi Idris.

Kuliah tamu yang diselenggarakan pada hari Senin 3 Desember 2018 mengambil topik Aquatic Ecology. Kuliah tamu diikuti kurang lebih 50 orang mahasiswa dari semester 3 sampai 7. Peserta  terdiri dari mahasiswa  Program Studi Akuakultur dan juga diikuti mahasiswa dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Materi kuliah yang diberikan disampaikan dengan metode yang menyenangkan. ” Kuliah akan saya sampaikan dengan metode Student Center Learning, sehingga mahasiswa lebih proaktif dalam mengikuti proses perkuliahan. Mahasiswa dapat menggunakan berbagai sumber dan alat tambahan seperti buku, gawai, akses internet untuk menunjang proses perkuliahan” Ujar Assoc. Prof. Dr. hanafi saat membuka perkuliahan.

“Karena perkuliahan yang disampaikan secara interaktif, membuat mahasiswa yang ikut kuliah tamu lebih proaktif. Saat proses perkuliahan Assoc Prof. Dr. Hanafi memberikan gambaran umum dan kata kunci dan mahasiswa bertugas menggali materi sesuai kata kunci yang diberikan. Mahasiswa aktif berdiskusi, bertukar pendapat dalam kelompok yang telah dibagi dan kemudian secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi materi tersebut. Suasana perkuliahan seperti ini membuat mahasiswa tidak bosan dan tidak pasif. Terbukti sampai perkuliahan selesai selama dua jam, tidak ada mahasiswa yang pasif apalagi mengantuk di kelas.” Ujar Annur Ahadi, M.Si sebagai salah satu pendamping kegiatan kulaih tamu.

“Kuliah tamu seperti ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa karena ilmu yang didapatkan lebih luas dan beragam, semoga kuliah tamu ini kedepannya dapat diperbanyak” Ujar Kevin salah satu mahasiswa yang mengikuti Kuliah Tamu.

Penulis : Eka Saputra

Editor   : Annur Ahadi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *