Tingkatkan Inovasi Pembelajaran,Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi UNAIR Fasilitasi Pelatihan Program E-Learning di Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR

Tingkatkan Inovasi Pembelajaran,Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi UNAIR Fasilitasi Pelatihan Program E-Learning di Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR

image
By abdillah On Rabu, Februari 07 th, 2018 · no Comments · In

Berita FPK-  Pelatihan Program E-learning bagi Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga telah dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 1-2 Februari 2017 di Ruang C501-502 FPK UNAIR. Pelatihan ini terlaksana sebagai tindak lanjut dari sosialisasi program E-learning yang dilaksanakan oleh Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi(PIPS)  Universitas Airlangga. Acara yang dibuka  langsung oleh Sekretaris PIPS Dr Eduardus Bimo Aksono H. Drh., M.Kes. diikuti oleh seluruh dosen FPK UNAIR. Dalam sambutannya Dr. Bimo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh FPK UNAIR, “ FPK merupakan fakultas pertama yang merespon baik sosialisasi yang dilakukan PIPS dengan langsung menyelenggarakan pelatihan E-learning.

Topik pelatihan pertama disampaikan oleh Bapak Sulih Proyono, S.Kom.,M.MT yaitu pengenalan Fitur dan Pengaturan awal kelas virtual. “Universitas Airlangga memiliki media E-learning yaitu website E-learning Universitas Airlangga (AULA), yang terbagi dalam semester Ganjil dan Semester Genap” ujar Bapak Sulih yang merupakan Staf Pendukung Bidang Pengembangan E-learning. Laman AULA  sudah terintegrasi dengan Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC), sehingga setiap dosen dapat masuk menggunakan akun dari cyber campus.

Selain belajar mengelola perkuliahan menggunakan laman AULA, fasilitator dari PIPS juga memberikan materi penggunakan beberapa perangkat lunak untuk menunjang penggunaan AULA. Pada sesi tersebut pemateri dari PIPS Bapak Lastiko Endi R, S.S. M.Hum memberikan pelatihan penggunaan perangkat lunak. Dalam pengelolaan soal kuis dan latihan pengampu mata mata kuliah dapat menggunakan progam HOT POETATOES. Program ini memungkinkan dosen dapat memodifikasi soal menggunakan berbagai type soal seperti soal pilihan berganda, mencocokkkan, bahkan membuat tipe soal berbentuk teka teki silang ujar Bapak Endi yang merupakan salah Satu Dosen Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UNAIR.

Dosen dan Mahasiswa UNAIR yang aktif dan terdaftar dalam Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) dapat terkoneksi ke dalam AULA dan melaksanakan pembelajaran jarak jauh kapan saja dan dimana saja. E-learning membuat pembelajaran menjadi lebih aktif, terbukti patisipasi beberapa mahasiswa meningkat dibandingkan dalam sesi kelas Klasikal ujar Rozi M.Biotech salah satu dosen FPK yang memenangkan hibah pembelajaran E-learning. Di dalam E-learning dosen dapat mentautkan video dan beberapa simulasi, buku dan berbagai sumber media pembelajaran lainnya sehingga mahasiswa tidak bosan mengikuti kuliah.

Penulis  : Annur Ahadi Abdillah

Editor    : Rozi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *