Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

70 Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Ikut Sukseskan Kegiatan Menghadap Laut dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-73

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

70 Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Ikut Sukseskan Kegiatan Menghadap Laut dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-73

Bagikan

Berita FPK-Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya merupakan salah satu dari 73 titik pantai yang turut serta dalam kegiatan bersih pantai. Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga yang terdaftar mengikuti kegiatan ini terhitung 70 peserta dengan didampingi 3 dosen Fakultas. Mahasiswa dan dosen yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan untuk berkumpul terlebih dahulu di FPK pada pukul 11.00 WIB untuk pembagian makan siang dan sholat dhuhur bagi yang menjalankan. Setelahnya seluruh peserta berangkat bersama menuju Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Di lokasi peserta kegiatan bersih pantai ‘Menghadap Laut’ terlebih dahulu melakukan registrasi. Rupanya tidak hanya mahasiswa FPK yang mengikuti kegiatan ini. Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Unair dan mahasiswa dari universitas lain di Surabaya turut hadir untuk membersihkan pantai Kenjeran dari sampah plastik dan sejenisnya. Acara diawali dengan upacara pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk disebar di sepanjang bibir pantai. Aksi bersih pun dilakukan tepat pukul 14.00 WIB secara serempak di seluruh Indonesia.

Setiap kelompok membawa dua karung dan tabel jenis sampah untuk didata jumlahnya. Peserta nampak antusias dan serius saat memungut sampah plastik yang berserakan di sekitar pantai. Tidak hanya kalangan muda, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pun turut serta dalam aksi bersih pantai ini. “Sampah yang saya kumpulkan sekitar 3-4 kilogram. Sampah organik dan sampah plastik banyak sekali. Menurut saya, kalau kegiatan ini dilakukan bertahap mungkin bermanfaat. Tapi jika hanya sekali seperti ini kurang bisa dirasakan manfaatnya,” kata Farhan Fahrudin, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR saat ditanyai tanggapannya mengenai kegiatan Menghadap Laut ini.

Penulis : Dhea Meidiana

Penulis : Annur Ahadi Abdillah

5/5