Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Aplikasikan Hasil Penelitian, Mahasiswa FPK UNAIR Ajarkan Membuat Es Cream Rumput Laut Kepada Siswa/Siswi SMK Perikanan Nasyrul Ulum Aeng Dake

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Aplikasikan Hasil Penelitian, Mahasiswa FPK UNAIR Ajarkan Membuat Es Cream Rumput Laut Kepada Siswa/Siswi SMK Perikanan Nasyrul Ulum Aeng Dake

Bagikan

Berita FPK– Senin, 13 Agustus 2018 sebanyak empat mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga memberikan pelatihan pembutan ice cream rumput laut. Pelatihan dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nasyrul Ulum Aeng Dake, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep. Pelatihan ini dimotori oleh Desy Intan Permata Sari Mahasiswa THP Angkatan 2016. Mahasiswa yang berasal dari Madura ini terinspirasi dari hasil penelitian berjudul “Kappa And Iota Carrageenan Combination of Kappaphycus alvarezii Dan Eucheuma spinosum As Gelatin Substitute on Ice Cream Raw Material Product”. Penelitian tersebut didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi dalam skema Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE).

Bersama Iis Suryani dan Depril Meriza Astutik, Desy menemukan formulasi penambahan Kappa dan Iota Carrageenan yang optimum pada Ice Cream. “Kappa dan Iota Carrageenan merupakan polisakarida dari rumput laut. Kebetulan lokasi pelatihan merupakan daerah penghasil rumput laut Kappaphycus alvarezii dan Eucheuma spinosum, sehingga harapannya SMK Nasyrul Ulum Aeng Dake melalui siswa siswinya dapat membuat diversifikasi olahan rumput laut salah satunya ice cream. Ice cream yang kami buat terbukti kaya akan serat dan memiliki rasa yang lembut” jelas Desy dalam presentasinya.

Ice cream rumput laut rasanya enak dan lembut. Selama pelatihan para peserta tampak antusias mencoba berlatih membuat ice cream. Harapannya siswa siswi bisa mahir membuat  ice cream dan nantinya bisa dipasarkan dengan dilabeli merek EKAMATHO. Merek  EKAMATHO merupakan merek olahan perikanan yang merupakan branding SMK Perikanan Nasyrul Ulum Aeng Dake” ujar Bapak Hamidi salah satu guru pendamping. Pelatihan yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat Departemen kelautan FPK UNAIR ini diikuti juga oleh Dosen FPK UNAIR  Dwi Yuli Pujiastuti, S.Pi., M.Si dan Annur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si, Alumni FPK UNAIR Dicky Darmawan,S.Pi. serta mahasiswa Prodi THP angkatan 2015 Evanda Bella Ersalina, Intan Choiruly Agustin dan Andhika Alfa Musthofa.

Penulis : Annur Ahadi Abdillah

Editor   : Dwi Yuli Pujiastuti

 

 

5/5