Beberapa jenis pakan pilihan untuk budidaya lobster

By humas FPK On Jumat, Oktober 01 st, 2021 · no Comments · In

Lobster merupakan salah satu komoditas unggulan sektor perikanan Indonesia bersama udang dan rumput laut. Saat ini, permintaan lobster konsumsi terus meningkat setiap tahunnya baik itu untuk pasar ekspor maupun pasar nasional. Tetapi disatu sisi produksi lobster dari sektor budidaya masih sangat terbatas, dan masih mengandalkan hasil tangkapan alam. Salah satu kendalanya adalah pengetahuan jenis pakan yang sesuai untuk budidaya baik pada level larva (phyllosma) maupun juvenil (peurulus) untuk proses pembesaran.

Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi perikanan di Indonesia mencoba memberikan kontribusi terhadap permasalahan yang ada dalam rangka pengembangan budidaya komoditas perariran termasuk lobster melalui pembentukan kelompok riset. FPK saat ini telah membentuk kelompok riset mengenai nutrisi ikan yang diketuai oleh Muhamad Amin, S. Pi., M. Sc., Ph.D. Adapun anggota kelompok riset Nutrisi Ikan yaitu Dr. Ahmad Shofy Mubarak, S.Pi., M.Si., Ir. Agustono, M. Kes., Ir. Yudi Cahyoko, M. Si., dan Hapsari Kenconojati, S. Si., M.Si. Beliau-beliau juga telah banyak melakukan riset mengenai nutrisi ikan tidak hanya lobster saja.

Saat ini kelompok riset ini sedang melakukan penelitian mengenai pakan lobster air laut mulai dari stadia larva khususnya pada stadia phyllosoma hingga juvenil dalam proses pembesaran. Untuk pakan larva saat ini masih difokuskan pada identifikasi pakan alami potensial (live diet) yang tersedia di daerah fishing ground lobster seperti Trenggalek dan Pacitan dan juga mengobservasi isi lambung larva untuk proses konfirmasi pakan yang sesuai. Sedangkan pakan untuk proses pembesaran dilakukan dengan membandingkan beberapa jenis pakan seperti ikan rucah, kerang-kerangan hingga pakan buatan seperti pelet. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas terutama pembudidaya lobster. Bagi Anda yang tertarik dalam penelitian ini kami secara terbuka berharap keikutsertaan Anda. Silahkan menghubungi Muhamad Amin, S. Pi., M. Sc., Ph. D.

 

Penulis: Megana Duanassurya

Editor : Muhamad Amin, S. Pi., M. Sc., Ph. D. (Departemen Akuakultur)

Email : muhamad.amin@fpk.unair.ac.id

 116 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *