Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Bekerja Sama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo ajarkan Pembuatan Mie dan Amplang dari Ikan Lele

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Bekerja Sama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo ajarkan Pembuatan Mie dan Amplang dari Ikan Lele

Bagikan

Berita FPK– Bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo melaksanakan pelatihan pengolahan produk makanan dari bahan perikanan sebagai upaya difersifikasi olahan produk hasil perikanan. Pelatihan yang  berjudul Pelatihan Pengolahan Ikan bagi Pengolah dan Pemasar (Pohlaksar) digelar pada hari Selasa 24 April 2018 mengambil tema olahan dari Ikan Lele yaitu mie Lele dan kerupuk amplang Lele. Pelatihan diikuti kurang lebih 40 orang dari ibu POKLAHSAR di desa  Sumberrejo dan Desa Karang Puri Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Sebagai Nara Sumber hadir dua Dosen FPK UNAIR dari Departemen Kelautan yaitu Bapak Eka Saputra S.Pi., M.Si dan Bapak Annur Ahadi Abdillah, S.PI., M.Si dan Dibantu dua mahasiswa FPK UNAIR Dicky dan Ardiana.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Desa Sumber Rejo yang bertindak sebagai tuan rumah berlangsung seru. Setelah mendapatkan sekilas teori tentang bagaimana cara membuat mie dan kerupuk amplang, peserta di ajak langsung mempraktekkan resep yang telah diberikan sebelumnya. Peserta antusias mencoba mencampurkan bahan dan mengolah olahan ikan lele didampingi tim dari FPK UNAIR. Semua peserta mencoba secara bergantian dan membagi tugas mengikuti langkah langkah yang diberikan. Setelah adonan selesai dicampur merata, adonan dibiarkan beberapa waktu agar adonan mengembang. Adonan yang sudah siap dicetak menggunakan pencetak mie untuk mie lele dan adonan Kerupuk Amplang lele dibentuk sesuai selera peserta dan bentuk amplang pada umumnya. Setelah produk jadi, peserta langsung menggoreng kerupuk amplang dan mengolah mie lele menjadi mie goreng.

“Dengan Membuat olahan berupa Mie Lele dan Kerupuk Amplang, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas para ibu ibu sebagai upaya difersifikasi olahan produk khususnya berbahan dasar ikan, dengan adanya pelatihan difersifikasi ini diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi ikan ikan yang selama ini hanya dijual utuh atau langsung, selain itu adanya difersifikasi ini dapat memberi peluang usaha bagi ibu ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan dari segi ekonomi dan dapat memberikan jajanan yang sehat dan aman serta terjamin bagi anak anak mereka serta difersikasi olahan ikan ini juga dapat meningkatkan usaha gemar makan/konsumsi ikan bagi anak anak yang kurang menyukai ikan dengan mengkonsumsi langsung atau utuh ”Ujar Pak Eka menjelaskan. Pada penutupan pelatihan hadir memberi semngat pada peserta yaitu Penyuluh Perikanan Kecamatan Wonoayu Ibu Ainur. “ Setelah pelatihan, sebaiknya peserta langsung mempraktekkan produk yang didapat dalam pelatihan. Semoga ibu bisa menghasilkan produk yang memiliki nilai jual dan laku dipasarkan” Ujar Bu Ainur menutup pelatihan.

Penulis  : Annur Ahadi Abdillah

Editor     : Eka Saputra

5/5