Badan Eksekutif Mahasiswa

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

Fakultas Kelautan & Perikanan Unair

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan suatu badan yang menjalankan fungsi eksekutif di lingkungan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Tujuannya adalah terbinanya insan akademis berbasis perikanan berasaskan pancasila dan berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Excellent with Morallity. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga berdiri pada 20 Februari 2009. Badan Eksekutif Mahasiswa memiliki peran :

  1. Organisasi yang memperjuangkan aspirasi mahasiswa yang berada pada lingkup Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.
  2. Organisasi yang mewadahi seluruh kegiatan mahasiswa yang berada pada lingkup Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.
  3. Organisasi yang memiliki peran pengkaderan mahasiswa di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

BADAN PERNGURUS INTI (BPI)
Ketua : Ardhy Firmansyah                     (141811233078)  
Wakil Ketua : Alifah Hafiizha Gunawan           (141811133128)  
Sekertaris Umum : Tandani Chandra Verdiantika    (141811233048)  
Sekertaris 1 : Jelena Angel Visakhadevi          (141911233088)  
Sekertaris 2 : Aulia Maulida                               (141911133019)  
Bendahara Umum : Patricia Jessica Damayanti        (141811233046)  
Bendahara 1 : Virnatika Maulinda Pertiwi          (142011133118)  
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
Rapat Kerja Kegiatan bersama pengurus ORMAWA dengan seluruh civitas akademik untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan tugas organisasi. Menyalurkan ide-ide pengurus ORMAWA dan mensinergiskan dengan seluruh civitas akademik dalam merancang program kerja ORMAWA FPK.
Monitoring dan Evaluasi Pertemuan para pengurus BEM memonitoring dan memberikan evaluasi terhadap program kerja yang akan dan telah telaksana. Memonitoring perkembangan persiapan dari program kerja yang akan dilaksanakan dan memberikan evaluasi terhadap program kerja yang telah terlaksana.
We Hear You (WHY) Wadah bagi staff dan kepala departemen untuk menceritakan dan mencurahkan keluh kesah selama berproses di BEM FPK. Mengetahui keluh kesah dan permasalahan yang dihadapi oleh pengurus setiap departemen saat berposes di BEM FPK 2021 serta membangun hubungan internal dalam BEM FPK 2021.
Kelas Proposal dan LPJ Kelas bagi pengurus BEM FPK 2021 terkait pengenalan dalam penyusunan pada proposal dan LPJ terkait program kerja yang dilaksanakan. Pengenalan, menyeragamkan format, serta memperbaiki kesalahan pada penysunan proposal dan LPJ terkait program kerja yang dilaksanakan secara serentak serta mengetahui alur pengajuan program kerja dalam lingkup fakultas.
Upgrading BEM FPK Pelatihan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan softskill dalam bidang organisasi dan kepemimpinan yang dikemas sebagai kelas virtual. Memberikan pengetahuan kepada pengurus BEM FPK 2021 mengenai keorganisasian, wawasan manajemen dan peningkatan softskill, mengevaluasi kinerja pengurus BEM, dan menjaga ikatan kekeluargaan dalam internal BEM FPK 2021.
Monthly Kick Off Rapat secara virtual yang akan diadakan setiap awal bulan untuk membahas target dan evaluasi program kerja setiap departemen. Mengetahui progres program setiap departemen sehingga mampu meningkatkan empati setiap anggota untuk berperan dan mendukung setiap departemen sebagai upaya untuk meningkatkan kekeluargaan bagi internal BEM.

DEPARTEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA (PSDM)
Kepala Departemen : Qorina Shinta Berliana                  (141811233033)
Staff : Meishifa Hertriasa Prastikabudi    (141911233035)
Faudhel Jabar                                 (141911233071)
Robin Martharaja Hundura            (141911133151)
Tegar Pambudi Sulistiyo                (142011233072)
Thara Bening Sandrina                  (142011133125)
Shafa Aisyah Rahmalia                  (142011133059)
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
PKKMB (Pengenalan
Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru)
PKKMB merupakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dengan mengenalkan lingkungan kampus melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan selama masa PKKMB. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi dari beberapa dosen dan mahasiswa, serta diharapkan dapat membantu dalam pembentukan diri mahasiswa baru agar menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan rasa memiliki terhadap almamater. Mengenalkan Universitas Airlangga secara umum dan Fakultas Perikanan dan Kelautan secara khusus, menumbuhkan softskill pada mahasiswa baru FPK UNAIR, dan menumbuhkan sifat kepemimpinan pada mahasiswa baru FPK UNAIR.
TUNA (Talk and QnA About Leadership) TUNA merupakan kegiatan yang berfokus pada pengembangan leadership mahasiswa FPK dan dikemas berupa camp pelatihan melalui teleconference secara berkala dalam 3x pertemuan selama 1 bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat menambah wawasan, meningkatkan kemampuan leadership, serta mencetak para pemimpin  mahasiswa yang dapat turut serta menjadi bagian regenarasi angkatan.
FishTime Fish Time merupakan kegiatan bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga untuk menumbuhkan rasa cinta kepada almamater melalui kegiatan yang memberikan pengetahuan dan menambah wawasan di bidang perikanan dan kelautan. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah mengadakan webinar dan sharing session dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa, menyediakan informasi mengenai magang kerja, dan meningkatkan sofskill bagi mahasiswa.
TUBIFEX (To Be A Better Future Experience) To be a better future experience merupakan program kerja berupa pelatihan dan pemberian informasi mengenai wawasan persiapan dunia kerja guna menciptakan lulusan FPK yang berkualitas.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill dan pemikiran mahasiswa seputar dunia pekerjaan dan prospek masa depan.
Let’s Talk About Let’s Talk About merupakan kegiatan yang memfasilitasi para mahasiswa dengan berbagai informasi mengenai common knowledge seperti isu kesehatan mental ataupun keuangan melalui infografis, webinar, dan live Instagram bersama narasumber terpercaya. Memberikan informasi kepada mahasiswa seputar pemahaman umum agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami lebih lanjut mengenai pentingnya kesehatan mental dan keuangan dalam kehidupan.
BEM TIME BEM TIME merupakan suatu wadah berkomunikasi bagi pengurus BEM guna menciptakan dan menjaga silahturahmi antar pengurus agar selalu terjalin dengan baik. BEM TIME dibagi menjadi dua yaitu virtual meeting dan awarding time “what have you learned?”. Dalam virtual meeting akan membahas topik yang telah ditentukan dengan mini games berhadiah di akhir virtual meeting, sedangkan awarding time memiliki konsep bercerita tentang hal apa saja yang telah mereka pelajari dalam satu bulan yang dikemas dalam bentuk spreadsheet yang telah disediakan. Menjaga, mempererat komunikasi antar pengurus, serta berbagi ilmu dan pengalaman dari setiap pengurs BEM FPK 2021.
Sowan Kating Sowan kating merupakan jembatan bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal kakak tingkat yang memiliki prestasi dan pengalaman sehingga mahasiswa baru dapat terinspirasi baik akademik maupun non akademik. Pembagian kelompok akan disesuaikan dengan program studi masing-masing mahasiswa baru dan akan disediakan daftar rekomendasi kakak tingkat untuk memudahkan komunikasi mahasiswa. Menyediakan informasi dan sharing session yang sangat  dibutuhkan mahasiswa baru dalam memulai masa perkuliahan.
E-Birth  E-BIRTH merupakan program kerja dimana program ini berisikan pengucapan selamat ulang tahun bagi anggota BEM UNAIR FPK 2021 yang sedang berulang tahun. Untuk mengapresiasi dan turut berbahagia atas kebahagiaan orang lain sehingga menjali hubungan yag baik.

DEPARTEMEN SENI, MINAT, DAN BAKAT (SEMIKAT)
Kepala Departemen : Mochamad Alauddin Perdana Putra (141811233042)  
Staff : Maheswari Dian Permata Putri           (141911133015)
Rahma Lana Isro’ Nabillah                  (141911233025)
Diva Putri Febriananda                        (142011133012)
Amelia Dwi Sulistyani                          (142011133124)
Fiqsa Ekananda Saputra                     (142011133128)
Juan Gerardo Madriales Sohilait        (142011133133)
 
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
Airlangga Fisherine Competition (AFISHCO) Airlangga Fisherine Competition (AFISHCO) merupakan rangkaian acara besar tahunan berupa perlombaan non-akademik yang diharapkan dapat mem-branding Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga di kalangan kalangan siswa/I SMA-sederajat dan mahasiswa serta mengasah pengembangan diri untuk memiliki kemampuan akademik dan prestasi guna mendukung kemampuan softskill. Memberikan wadah bagi siswa/I SMA-sederajat dan mahasiswa untuk menyalurkan dan menunjukkan minat, bakat dan kreatifitas, sekaligus memperkenalkan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga kepada siswa Sekolah Menengah Atas, mahasiswa, dan khalayak umum.
DUTA FPK DUTA FPK merupakan kegiatan yang berperan sebagai media bagi generasi muda Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk menggali, mengembangkan serta memperkenalkan Fakultas Perikanan dan Kelautan di kancah publik sehingga nama Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dapat dikenal di khalayak umum. Melatih dan mengembangkan softskill mahasiswa, khususnya pada calon pendaftar Pemilihan Duta Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.
DEKAN CUP DEKAN CUP merupakan rangkaian kegiatan non-akademis yang meliputi keolahragaan dan kesenian sebagai ajang untuk meningkatkan semangat kompetisi dan meningkatkan solidaritas antar mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Meningkatkan minat dan bakat non-akademis meliputi olahraga dan kesenian, melatih kekompakan, kekeluargaan, dan sportivitas kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.
RAGA REKAT (Olahraga Bareng Semikat) RAGA REKAT merupakan acara olahraga yang diperuntukkan untuk mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga yang dikemas dalam beberapa rangkaian agenda kegiatan dalam beberapa segmen kegiatan seperti olahraga online, workout challenge, e-sport, dan agenda ngobrol bareng dunia perolahragaan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dari masa ke masa. Menjadikan mahasiswa dan civitas akademika lebih produktif dengan berolahraga santai pada masa pandemi dan mempererat hubungan antar angkatan maupun dengan alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.
RUANG KREASI Ruang Kreasi merupakan tempat dan wadah mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga untuk menyalurkan, menampilkan dan mengembangkan minat bakat dengan menampilkan talenta kesenian yang dikemas dalam bentuk video, dihadirkan secara premiere di Youtube, dikemas dengan sinema yang menarik, dan atraktif. Mengembangkan bakat seni mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, guna meningkatkan produktifitas, memberi kesempatan mahasiswa untuk berekspresi, tetap produktif, serta menjaga semangat mahasiswa untuk berkarya.
SEMIKAT SAPA BUDAYA Semikat Sapa Budaya merupakan program kerja yang dirancang untuk memberikan informasi berupa fakta menarik tentang seni dan budaya di Indonesia mulai dari sejarah hingga perkembangan tiap masa ke masa. Penyaluran informasi menarik tentang seni dan budaya di Indonesia guna mengedukasi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga agar mampu melestarikan, mengenal, dan mempelajari tentang seni dan budaya di Indonesia.
Perikanan Juara (PERKARA) PERKARA merupakan program kerja gradual yang berperan sebagai fasilitator bidang minat dan bakat yang berfokus pada UKF dan community development guna membantu persiapan kontingen saat mengikuti kompetisi, mempertemukan dan monitoring para pengurus UKF dan komunitas internal di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Sarana penyaluran ide-ide baik dari pengurus UKF dan komunitas internal  guna mensinergiskan baik kegiatan maupun peluang prestasi dikala pandemi.

DEPARTEMEN SOSIAL MASYAKARAT (SOSMAS)
Kepala Departemen : Aulia Nabilah Firdaus                (141811233072)  
Staff : Kinanthi Sajda Tsabita               (141911133006)
Ratih Syaharani Sasongko        (141911133039)
Ayudiah Chaerani                       (141911133145)
Ernanda Dafanuddin Noholo     (141911133159)
Elangga Sony Widiharsono       (142011133104)
Uszhaqia Adha Rizki Nafa’ah     (142011233014)
Desyiamililia Yuanawati              (142011133053)
 
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
GEMA (Gerakan Menanam Mangrove) GEMA (Gerakan Menanam Mangrove) adalah salah satu kegiatan menghijaukan kembali daerah bakau yang bertujuan menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa dengan cara menanam bibit pohon bakau. Menumbuhkan dan mewujudkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan ekosistem bakau.
WARING (Iwak Sharing) Waring merupakan kegiatan bakti sosial sebagai wujud kepedulian dan rasa syukur warga FPK UNAIR terhadap isu sosial di sekitar, khususnya masyarakat dan anak-anak yang kurang beruntung. Memberikan kontribusi yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar dan sebagai wadah penyaluran donasi dari warga FPK untuk masyarakat yang kurang beruntung.
FPK PEDULI FPK Peduli adalah kegiatan penyaluran bantuan yang dapat menumbuhkan rasa kepedulian tinggi terhadap orang lain. Untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap masyarakat di sekitar.
SAFARI (Sedekah Fajar di Pagi Hari) Safari adalah kegiatan sosial berbagi makanan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya untuk para pekerja kasar yang dilakukan di pagi hari karena di jam-jam tersebut banyak yang melewatkan sarapan karena keterbatasan materi maupun waktu. Mewadahi dan meningkatkan rasa kepedulian civitas akademika FPK UNAIR maupun masyarakat terhadap sesama, serta menebar kebaikan dan kebahagiaan terhadap orang yang membutuhkan.
LPP (Layanan Pertolongan Pertama) LPP merupakan layanan penyediaan pertolongan pertama bagi warga FPK yang memerlukan penanganan medis dasar dalam bentuk obat-obatan. Akan tetapi, kali ini dikemas dalam bentuk video tentang pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh orang awam di rumah sebelum mendapat pertolongan medis tingkat atas. Mewadahi warga FPK UNAIR dalam pemberian obat-obatan dan edukasi tentang pertolongan pertama melalui video.
FISH (Fisheries in Sharing Health) FISH merupakan penyebaran informasi mengenai pentingnya donor darah dan plasma konvalesen di masa pandemi terkait manfaat, syarat, dan tips yang perlu dipahami sebelum melakukan donor darah dan plasma konvalesen, serta mengajak warga FPK UNAIR untuk tidak takut donor darah. Memberikan pengetahuan kepada seluruh warga FPK UNAIR bahwa donor darah disaat pandemi aman dan penting dilakukan untuk menjaga ketersediaan stok darah, serta pentingnya penyintas COVID mendonorkan plasma konvalesen.
MUJAER (Muda Mengajar) MUJAER merupakan pembekalan kepada mahasiswa FPK UNAIR melalui acara sharing session dan kegiatan pengajaran berbasis online yang berkolaborasi dengan komunitas dengan fokusan di dunia pendidikan dan diimplementasikan dalam kegiatan pengajaran kepada anak- anak yang kurang beruntung oleh para mahasiswa FPK UNAIR. Memberikan pembekalan dan motivasi kepada mahasiswa FPK UNAIR untuk melakukan pengajaran kepada para anak-anak yang kurang beruntung, serta membagikan tips dan trik cara mengajar yang baik dan benar sesuai dengan karakteristik masing-masing anak serta dapat meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa FPK UNAIR terhadap lingkungan sekitar, terutama di bidang pendidikan.
GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Memakan Ikan) Gemarikan merupakan program kerja yang selaras dengan program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menjadikan mahasiswa sebagai perantaranya untuk mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk video dan poster. Mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan dan untuk pengetahuan masyarakat akan protein yang terkandung dalam ikan.
SOSPRO (Sosmas Project) SOSPRO merupakan kegiatan meningkatkan kepedulian mahasiswa FPK UNAIR dengan mengadakan challenge yang diadaptasi dari permasalahan sederhana di kehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan sekitar. Menumbuhkan dan menerapkan kembali nilai-nilai sederhana dalam kehidupan yang sudah mulai terlupakan oleh mahasiswa FPK UNAIR.
SALMON (Social and Learning Activity with Morality for Nation) SALMON (Social and Learning Activity with Morality for Nation) merupakan bentuk nyata kontribusi langsung ke masyarakat yang  dilaksanakan secara online dan offline.

Kegiatan online disebut Ruang Mengabdi yang merupakan kelas pengabdian dalam bentuk pelatihan untuk mahasiswa FPK UNAIR serta masyarakat umum yang berkolaborasi bersama komuitas penggiat sosial untuk saling berbagi ilmu sebagai bekal sebelum terjun ke lapangan. Sedangkan, kegiatan offline merupakan bentuk implementasi kegiatan Ruang Mengabdi.

Memberikan pelatihan sebagai bekal sebelum terjun ke lapangan serta memberikan ruang mengimplementasikan kegiatan pengabdian masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat dari aspek pendidikan, sosial, dan ekonomi.

DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI (KOMINFO)
Kepala Departemen : Ajeng Ayu Prasisti                               (141811133019)  
Staff : Kiki Daniel                                            (141911133102)
Nantasa Eka Andraini                          (141911133107)
Elva Qurrota Fu’adah                          (141911133118)
Achmad Agung Ramadhani                (141911133134)
Nadia Fitri Anggraini                            (142011133010)
Ulyatun Nisa Alfarisi                            (142011133067)
Noer Rahmah Zhanifathul Abhidah    (142011233047)
 
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
Kaleidoskop BEM Merupakan suatu program kerja BEM FPK berupa majalah elektronik yang didalamnya memuat informasi dan dokumentasi terkait kegiatan yang ada di BEM FPK yang akan dishare berupa link melalui media sosial yang ada. Sarana penyebar luasan informasi bentuk majalah elektonik dalam lingkup FPK.
Kominfo Class Merupakan suatu program kerja yang berperan sebagai sarana pelatihan keterampilan dalam menguasai teknologi di bidang komunikasi dan informasi meliputi bio-informatika, spss, coreldraw x7, dan adobe premier. Mempermudah dan membantu dalam mengoptimalkan produktivitas mahasiswa FPK, serta menjadi wadah untuk menuangkan imajinasi dan kreatifitas dalam bentuk ilustrasi/grafis.
For Your Information (FYI) For Your Information (FYI) merupakan suatu program kerja yang berfungsi untuk membagikan informasi terbaru ataupun informasi  yang jarang diketahui terkait FPK. Sumber informasi dapat berasal dari internal BEM FPK UNAIR, ORMAWA, dekanat, rektorat, ataupun eksternal FPK UNAIR. Menyebar luasan informasi dalam lingkup FPK yang sebelumnya sudah disepakati sesuai peraturan yang tercantum dalam SOP publikasi.
Website BEM FPK Merupakan suatu program kerja yang berisi tentang informasi-informasi terkait BEM FPK UNAIR yang dibagikan melalui media website (non-media sosial). Menyebar luaskan informasi melalui website dalam lingkup FPK UNAIR yang telah disepakati sesuai peraturan yang tercantum dalam SOP Publikasi.
Video Profil BEM FPK Merupakan suatu program kerja kominfo BEM FPK yang didalamnya berisikan informasi mengenai pengenalan struktur dan program kerja kabinet BEM FPK yang baru disetiap tahunnya. Menyebar luaskan informasi terkait kabinet kerja BEM FPK yang baru di setiap tahunnya.
Fish Flash News Fish Flash News merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa FPK yang tertarik dalam bidang jurnalistik guna melatih tiap individu dalam menanggapi isu-isu yang sedang hangat, dan memotivasi mahasiswa FPK dalam berkarya. Memperkenalkan berbagai karya jurnalistik kepada mahasiswa, dan sebagai wadah berkarya bagi mahasiswa yang memiliki bakat jurnalistik.

DEPARTEMEN KAJIAN STRATEGIS (KASTRAT)
Kepala Departemen : Isa Afwan Prasetyo     (141911133114)  
Staff : Firman Budi Cahyadi  (141911133173)
Ivela Indra Cahyawati (141911233072)
Valentino Hasatan Pasaribu (142011133107)
Putri Mardhotillah       (142011133121)
Sabilla Maidhayana     (142011233088)
 
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
PSBB (Perbincangan Santai Bersama BEM FPK) Merupakan kajian yang di bungkus dalam bentuk webinar dan podcast dan wadah untuk berdisukusi dua arah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya kritis, kepekaan, dan wawasan bagi mahasiswa dalam bantuk diskusi dan sosialisasi serta mengajak mahasiswa untuk setidaknya mengetahui dan sadar akan isu dan permasalahan yang terjadi di masyarakat baik daerah maupun pusat.
FOMARINES (Infographics About Marine Fisheries) Merupakan penyampaian informasi perikanan, pendidikan dan masyarakan dalam bentuk infografis. Bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat FPK UNAIR dan umum dalam bentuk infografis.

DEPARTEMEN ADVOKASI DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA (ADKESMA)
Kepala Departemen : Naufal Zuhair Akbar                               (141811133095)  
Staff : Fenny Diyah Retnosari                          (141911133045)
Aydin Muhammad Irfan Basalamah     (141911133126)
Kanya Anindya Maharani Wijaya          (141911133129)
Achmad Yusril Tamam                           (141911133148)
Dini Istiani                                               (142011133080)
Muhammad Hilal Bima Ramadhan        (142011233016)
 
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
Warta Adkesma Program penyampaian informasi seperti beasiswa, student exchange, dan berbagai informasi dari kampus kepada mahasiswa FPK UNAIR. Mahasiswa dapat mengetahui informasi beasiswa, student exchange, dan berbagai informasi dari kampus yang diberikan.
PANKREAS (Panggon Kreasi Mahasiswa) Program bagi Mahasiswa FPK UNAIR berkreasi dalam bentuk karya apapun yang berkaitan dengan Mahasiswa seperti berbagi studi tips, rekomendasi (lagu dan film), serta wadah berkeluh kesah. Untuk mewadahi mahasiswa dalam berkreasi dan memberikan informasi bermafaat untuk mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan serta dapat menyampaikan keluh kesah terkait perkuliahan.
SLITH (Scholarships and Student Exchange Talkshow) Program yang memberikan informasi terkait dengan berbagai beasiswa dan student exchange kepada seluruh mahasiswa FPK UNAIR. Untuk memberikan fasilitas kepada seluruh mahasiswa fpk untuk lebih mengetahui tentang informasi beasiswa dan student exchange.
FORKOM (Forum Komunikasi) Program yang menjembatani diskusi, sharing  dan koordinasi antara mahasiswa dan ormawa FPK UNAIR. Untuk meningkatkan keefektifan penyampaian informasi dan meningkatkan koordinasi antara mahasiswa dengan ormawa FPK UNAIR.
BADUT (Banding UKT) Program yang memfasilitasi mahasiswa FPK UNAIR dalam pengajuan keringanan UKT. Sebagai perantara bagi mahasiswa FPK UNAIR untuk mendapatkan informasi mengenai banding UKT maupun pencicilan UKT.
Coffee Time Program yang memfasilitasi mahasiswa FPK UNAIR dalam berdiskusi santai, terbuka, dan bertukar aspirasi. Untuk mewadahi mahasiswa FPK UNAIR menyampaikan aspirasi secara langsung.
SURIMI (Survei Masalah Terkini) Program kerja berbentuk survei yang disusun untuk menjaring aspirasi mahasiswa. Untuk memperoleh data yang digunakan untuk pengadvokasian.

DEPARTEMEN AKADEMIK DAN PRESTASI (AKPRES)
Kepala Departemen : Ainun Kurnia Izzata           (141811233084)  
Staff : Syifa Diesta Maharani       (141811133045)
Siswi Fililmi Agniny           (141911133032)
Dinda Alexa Putri               (142011133033)
Mat Hari                              (142011233009)
Heri Prasetyoning Tias     (142011133122)
Issa Ari Wijaya                   (142011233098)
 
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
Airlangga Maritime Week (AMW) Airlangga Maritime Week (AMW) adalah kegiatan lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional dan internasional yang mewadai siswa maupun mahasiswa menciptakan kreativitas dan inovasinya baik dalam riset dan teknologi untuk pembangunan perikanan dan kelautan Indonesia.

Pada tahun 2021 ini akan lomba LKTI dengan tema “Peran Pemuda Intelektual di Era New Normal dalam Pengembangan Perikanan Indonesia sebagai Upaya Mewujudkan SDGs 2030” dan webinar dengan tema “Strategy for Recovery of the World Fisheries and Marine Sector After the Covid-19 Pandemic”.

Melatih siswa dan mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah. Menyalurkan dan menciptakan ide-ide inovasi tentang riset dan teknologi untuk pembangunan perikanan dan kelautan Indonesia.
Apresiasi Prestasi Apresiasi prestasi merupakan pendataan dan penyampaian mahasiswa berprestasi tahun 2021 kepada fakultas dengan mendampinginya dalam pengajuan apresiasi prestasi yang dimiliki mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan. Mendampingi dan memfasilitasi mahasiswa dalam pengajuan apresiasi prestasi kepada pihak fakultas.
LATERALIS (Elaborasi Ketrampilan Menulis) Kegiatan pembinaan mahasiswa FPK UNAIR dalam bidang kepenulisan ilmiah (Jurnal dan KTI). Membantu menumbuhkan ide pembuatan KTI, memberikan pengetahuan mengenai kepenulisan KTI dan jurnal yang benar.
Litmove.co Kegiatan untuk mewadahi mahasiswa FPK UNAIR yang memiliki minat terhadap bidang kepenulisan. Membentuk komunitas kepenulisan di FPK UNAIR dan memfasilitasi anggota litmove.co dalam lomba kepenulisan tingkat nasional dan internasional.
Info Lomba Agenda yang bertujuan memberikan informasi mengenai perlombaaan yang dapat diikuti mahasiswa FPK UNAIR. Memberikan informasi mengenai perlombaan bagi mahasiswa FPK UNAIR khususnya di bidang akademik.
PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah salah satu program kerja Departemen Akademik dan Prestasi BEM FPK UNAIR yang digunakan sebagai ajang untuk mencari mahasiswa dengan prestasi di tingkat nasional maupun internasional dengan tema “Menyongsong Prestasi Gemilang Mahasiswa di Era New Normal”. Mengapresiasi mahasiswa FPK UNAIR yang memiliki prestasi nasional atau internasional. Mendapatkan mahasiswa berprestasi unggulan yang diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap FPK UNAIR, serta mampu meng-influence mahasiswa yang lain untuk berprestasi.
MK-TUBER (Materi Kuliah dan Tutor Bersama) MK-TUBER adalah agenda yang terdiri dari 2 jenis kegiatan yaitu materi kuliah berupa pemberian file pembelajaran selama 1 semester berupa link google drive kepada mahasiswa yang dipublikasikan melalui akun instagram BEM FPK UNAIR dan tutor bersama berupa pemberian tutor oleh para mahasiswa yang terpilih menjadi mahasiswa berprestasi dengan cara sharing materi kuliah yang dirasa perlu pemahaman lebih lanjut, pemilihan jenis mata kuliah dilakukan dengan jaring aspirasi melalui google form setiap jurusan. Memfasilitasi mahasiswa FPK UNAIR untuk mempersiapkan materi sebelum menghadapi UTS dan UAS, sertamemberikan bantuan berupa sharing dengan para tutor kepada mahasiswa yang merasa kurang memahami satu mata kuliah tersebut.

PKMperience

Deskripsi

PKMperience merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa FPK UNAIR yang memberikan pengalaman dalam hal mengembangkan dan menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam sebuah PKM.

Tujuan

Membantu menumbuhkan ide dan tata cara kepenulisan pembuatan PKM, memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang membutuhkan bimbingan mengenai PKM, serta sebagai pusat data administrasi PKM di FPK UNAIR.

FILLET

Deskripsi

FILLET adalah program untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris mahasiswa FPK baik dalam score ELPT/TOEFL, speaking, writing, maupun reading

Tujuan

Memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menemukan dan meningkatkan skill Bahasa inggris.

English Club

Deskripsi

Merupakan komunitas sebagai wadah mengembangkan skill berbahasa Inggris dan menemukan tim untuk kebutuhan lomba.

Tujuan

Menguasai bahasa Inggris tingkat intermediate, mengikuti perlombaan debate contest dan student exchange.

DEPARTEMEN KEWIRAUSAHAAN (KWU)
Kepala Departemen: Alfa Zahra Firdausy               (141811233050)  
Staff : Muhammad Thoriq Arafat     (141911233092)
Nadhif Arsyiatama                 (141911233057)
Verta Ladera De Setyo          (141911133120)
Azra Batrisyia Syalabiah      (142011133070)
Shalsa Nabila Putri Dona     (142011133004)
PROGRAM KERJA DISKRIPSI TUJUAN
Fishpreneur Fishpreneur merupakan kegiatan webinar kewirausahaan melalui media virtual yang diisi oleh narasumber yang berkecimpung di bidang perikanan, baik memiliki usaha perikanan sendiri, maupun telah bekerja di suatu perusahaan perikanan. Memberikan wawasan kepada mahasiswa FPK UNAIR tentang dunia kewirausahaan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa FPK UNAIR.
Fishop Fishop merupakan sarana merchandising FPK dengan tema perikanan dengan jumlah, waktu, dan harga yang sesuai dengan target pasar dan dipasarkan melalui e-commerce. Menyediakan merchandise khas Fakultas Perikanan dan Kelautan, serta menjadi wadah kreativitas bagi mahasiswa dengan memperkenalkan produk bisnis.
Lapak FPK Lapak FPK merupakan wadah bagi mahasiswa FPK yang memiliki usaha untuk mempromosikan usahanya secara gratis. Sebagai wadah penyaluran usaha mahasiswa FPK, serta mendorong mahasiswa FPK agar tertarik dan lebih semangat dalam bidang usaha.
Konveksi Konveksi merupakan fasilitator pembuatan PDH ataupun jaket untuk pengurus BEM FPK 2021 dan jas lab untuk mahasiswa FPK UNAIR. Untuk menunjukkan identitas kebanggaan BEM FPK 2021 dan pelindung diri saat melakukan praktikum di laboratorium.

DEPARTEMEN HUBUNGAN LUAR

Kepala Departemen: Sonia Aldilameta (141811133141)

Staff:

  • Annisa Dini Fajarwati          141911133016
  • Tyas Angesti B. P.                141911133097
  • Firda Rosa Afila                   142011233008
  • Raihanasywa Satyarani      142011233074
  • Tiara Mudji Kasi                   142011233117

PROGRAM KERJA

Career Fest

Deskripsi

Rangkaian kegiatan acara yang berisi seminar oleh alumni dan ekspo karir yang mendatangkan beberapa perusahaan yang ditujukan untuk mahasiswa FPK dan umum secara online.

Tujuan

Menambah pengetahuan peserta mengenai pekerjaan dibidang perikanan khususnya mahasiswa FPK UNAIR, membangun relasi antara instansi bidang perikanan dengan fakultas maupun peserta dan bertambahnya lulusan FPK UNAIR yang bekerja dibidang perikanan.

Tebar Benih

Deskripsi

Sharing pengalaman dengan alumni FPK UNAIR mengenai karir alumni dalam dunia kerja dan kiat–kiat dalam memulai karir dalam suatu bidang pekerjaan secara online.

Tujuan

Mempererat hubungan dengan alumni FPK UNAIR, mendapatkan informasi seputar dunia pekerjaan pada bidang perikanan, berbagi pengalaman dengan alumni FPK yang bekerja pada bidang perikanan dan kiat-kiat memulai berwirausaha.

Kunjungan Kerja

Deskripsi

Program kerja yang didasari atas kebutuhan BEM FPK untuk    mendapatkan informasi mengenai ORMAWA di Univesitas lain agar dapat mengembangkan inovasi dan menjalankan fungsi lebih optimal.

Tujuan

Sharing informasi mengenai ORMAWA, menjalin hubungan kerja sama yang bekelanjutan dalam kegiatan maupun pertukaran informasi.

FPK Sapa Sekolah

Deskripsi

Memperkenalkan FPK dalam lingkup akademik, non akademik, prestasi, kehidupan di kampus baik pada saat luring, daring, hybrid,  dan profil lulusan yang dilakukan secara daring melalui Instagram yang dikemas dalam bentuk podcast.

Tujuan

Menjaring calon mahasiswa/i untuk mengenal FPK sebagai rujukan pendidikan lebih lanjut. Selain itu, untuk mendharmabaktikan keahlian di sektor perikanan dan kelautan kepada masyarakat.

Kolaborasi Komunitas dan Media Partner

Deskripsi

Program kerja yang didasari atas kebutuhan Departemen Hubungan Luar untuk bekerja sama dalam suatu kegiatan komunitas dan bekerja sama dalam membangun koneksi serta relasi yang bermanfaat bagi satu sama lain.

Tujuan

Meningkatkan eksistensi Badan Eksekutif Mahasiswa FPK UNAIR dan meningkatkan hubungan baik dengan pihak eksternal serta meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

 6,560 total views,  8 views today