Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dosen Universitas Airlangga Ungkap Temuan Penting dalam Identifikasi Plankton di Pantai Timur Surabaya

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Dosen Universitas Airlangga Ungkap Temuan Penting dalam Identifikasi Plankton di Pantai Timur Surabaya

Bagikan

Surabaya, 28 September 2023 – Luthfiana Aprilianita Sari, S.Pi., M.Si, seorang dosen dari Program Studi Budidaya Perairan, Departemen Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, telah berhasil mengungkap temuan penting melalui penelitiannya yang berfokus pada identifikasi plankton di Pantai Timur Surabaya. Penelitian yang dilakukan selama empat bulan pada tahun 2017 ini memberikan wawasan berharga tentang kondisi perairan di wilayah tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Luthfiana Aprilianita Sari ini terutama difokuskan pada proses identifikasi plankton berdasarkan morfologi plankton yang diamati menggunakan mikroskop. Identifikasi fitoplankton mengacu pada penelitian Wehr et al. (2015), Tomas (1997), dan Bellinger and Sigee (2015), sementara identifikasi zooplankton merujuk pada penelitian Guglielrno and Ianora (1997).

Salah satu temuan penting dari penelitian ini adalah adanya jenis plankton yang dikenal sebagai Skeletonema. Skeletonema merupakan jenis fitoplankton yang termasuk dalam kelas diatom, dan merupakan pakan alami untuk berbagai jenis crustacea. Temuan ini mengindikasikan bahwa ketersediaan pakan alami di perairan Pantai Timur Surabaya masih cukup memadai.

Pantai Timur Surabaya, yang terletak di Barat Laut Selat Madura, merupakan muara dari beberapa pabrik industri yang ada di wilayah Timur Surabaya. Penelitian ini menjadi penting karena dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang kualitas perairan di daerah yang terpengaruh oleh aktivitas industri.

Hasil penelitian Luthfiana Aprilianita Sari ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengambilan kebijakan terkait pelestarian lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam di wilayah Pantai Timur Surabaya.

 

 

5/5