Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

FPC Cooking Class : Kegiatan Kelas Memasak Departemen Kesejahteraan Mahasiswa FPC

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

FPC Cooking Class : Kegiatan Kelas Memasak Departemen Kesejahteraan Mahasiswa FPC

Bagikan

Berita FPK. Divisi Kesejahteraan Mahasiswa Fishering Processing Club (FPC), Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga periode 2022-2023 mengadakan serangkaian program kelas memasak pada Minggu, 17 September 2023. Kegiatan kelas memasak ini memberikan wadah untuk membagi ilmu baru terkait hal memasak untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam keterampilan memasak. Acara tersebut  mengajak seluruh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Angkatan 2021, 2022, dan 2023 baik dari program studi Teknologi Hasil Perikanan maupun program studi Akuakultur. Untuk angkatan 2021 diikuti sebanyak 3 orang peserta, angkatan 2022 diikuti sebanyak 6 orang peserta, dan untuk angkatan 2023 diikuti 3 orang peserta. Peserta dibagi menjadi 3 tim secara acak dan setiap kelompok masing-masing diberi 1 pendamping.

 

FPC COOKING CLASS (FCC) membuat produk olahan pangan berbasis hasil perikanan yaitu olahan makanan odeng dari ikan tenggiri dimana odeng tersebut tengah viral pada saat ini karena teksturnya yang lembut dan begitu lezat apalagi ditambahkan kuah yang gurih dan panas. Kegiatan kelas memasak ini dilaksanakan di laboratorium pangan Fakultas Perikanan dan Kelautan dengan total 12 peserta dan 14 panitia.

Memasak odeng dimulai pukul 08.30 WIB sampai 12.15 WIB dijedah untuk melaksanakan ishoma (istirahat, sholat, dan makan) dan dilanjutkan pukul 13.00 WIB untuk membuat kuah odeng. Peserta sangat antusias melihat dalam pembuatan kuah odeng yang telah didemokan oleh salah satu panitia. Setelah dirasa kuah sudah mendidih, odeng dimasukan ke dalam teflon yang berisikan kuah panas dan ditunggu sejenak. Tidak hanya odeng, pihak panitia juga menambahkan crab stick sebagai pelengkap. Jika odeng dan kuah sudah matang, semua peserta dan panitia memakan bersama. Waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB dilanjutkan foto bersama sebagai penutupan acara FPC COOKING CLASS.

Tujuan diadakan acara FPC COOKING CLASS memberikan kesempatan bagi peserta untuk saling berinteraksi dengan sesama peserta, apalagi untuk mahasiswa angkatan 2023 yang baru pertama kali mengikuti kegiatan di Fakultas Perikanan dan Kelautan. Hal ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbagi ide dalam kewirausahaan dan pengalaman dalam memasak,  serta menciptakan lingkungan yang mendukung untuk saling belajar dan berbagi. Selain itu, sisi positifnya adalah dapat mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa angkatan 2021, 2022, dan 2023 Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

Sampai bertemu kembali. Forza Iwak! Iwak, Iwak, Iwak

Loading

5/5