Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

FPK ADAKAN LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT DASAR

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

FPK ADAKAN LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT DASAR

Bagikan

Berita FPK – LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) adalah kegiatan kemahasiswaan yang berupaya untuk memberi bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial dalam mengelola berbagai organisasi kemahasiswaan. Acara yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, (7- 8/9/2019).  Bertempat di gedung Cakalang FPK UNAIR, acara ini dikemas apik dan menarik karena disampaikan tidak hanya dengan metode ceramah, namun lebih banyak diskusi, simulasi dan permainan di bawah bimbingan fasilitator yang telah berpengalaman.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain: Analisis Kondisi Lingkungan, Perumusan Gagasan Awal, Tolak Ukur Keberhasilan, Perencanaan Jadwal Kerja, Dasar-Dasar Organisasi, Pengorganisasian Kegiatan, Komunikasi Antar Unit Kerja dan Penjabaran Gagasan Awal, Administrasi Kesekretariatan, Administrasi Keuangan,  Hakikat Motivasi, Pengambilan Keputusan,  Pengendalian Konflik,  Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan,  Penyempurnaan Usulan Kegiatan.

Diharapkan mahasiswa dapat memetik manfaat penting setelah berproses mengikuti acara LKMM-TD ini, diantaranya adalah memahami dasar-dasar manajemen organisasi kemahasiswaan, meningkatkan kapasitas kepemimpinan, pematangan karaker dan  ketrampilan berorganisasi. Secara keseluruhan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan soft skill yang harus dimiliki mahasiswa disamping kompetensi utamanya dalam bidang keilmuan.

Lulus LKMM-TD merupakan syarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti LKMM-TM (Tingkat Menengah) yang dilaksanakan oleh Universitas. Demikian selanjutnya, LKMM-TM merupakan syarat bagi peserta LKMM-TL (Tingkat Lanjut). Kegiatan LKMM yang dikonsep berjenjang ini diharapkan akan menghasilkan mahasiswa yang benar-benar matang dalam berorganisasi, sehingga mumpuni untuk terjun dalam mengelola organisasi kemahasiswaan.

Penulis
Endang Dewi Masithah
Departemen Kelautan
Email: endang_dm@fpk.unair.ac.id

5/5