FPK UNAIR Terima Penghargaan Juara 1 Green Faculty Award 2022

FPK UNAIR Terima Penghargaan Juara 1 Green Faculty Award 2022

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (UNAIR) menerima penghargaan juara 1 Green Faculty Award. Pemberian penghargaan tersebut bersamaan dengan perayaan Dies Natalis ke-68 UNAIR yang berlangsung di depan Gedung Kantor Manajemen, Kampus Merr C Mulyorejo Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Mengenai hal itu, Wakil Dekan 2 FPK UNAIR Dr Laksmi Sulmartiwi SPi MP memberikan tanggapan. “Alhamdulillah….bersyukur kepada Allah karena kerja keras teman-teman bisa mendapatkan apresiasi dari pihak universitas,” ucap Laksmi.

Ia menjelaskan sebelum adanya awarding, pihaknya telah berusaha untuk mengarahkan berbagai kegiatan ke arah ramah lingkungan. Menurutnya, juga semakin klop sebab UNAIR pun telah andil dalam UI GreenMetric.

“Dengan dana terbatas, kami mengusahakan step by step yang bisa kita benahi. Dari hal kecil misalnya lampu hemat energi, kran sensor, merancang taman, membuat sistem resirkulasi akuaponik ikan nila hingga mengupayakan kolam ikan sebagai resapan air,’’ jelasnya.

Laksmi mengaku dalam strategi pengelolaan sarana dan prasarana (sarpras), tidak ada tim khusus. Melainkan kolaborasi bersama seluruh sivitas FPK terutama kepala bagian sarpras. “Memaintain semua yang sudah kita upayakan. Jadi strateginya adalah sinergi tim,” tegas wakil dekan 2 itu.

Selanjutnya atas penghargaan yang diberikan rektor UNAIR, Laksmi menuturkan, masih terus berusaha belajar dan memperbaiki aspek-aspek lainnya. Sebab menurutnya, program green ini sebetulnya dapat menunjang efisiensi energi yang kemudian berujung pada efisiensi biaya. (*)

Penulis: Viradyah Lulut Santosa

Editor: Khefti Al Mawalia