Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

HALALBIHALAL FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN (FPK) UNIVERSITAS AIRLANGGA: MEMBANGUN KEBERSAMAAN MENUJU KEMANDIRIAN DAN INTERNASIONALISASI FPK UNAIR

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

HALALBIHALAL FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN (FPK) UNIVERSITAS AIRLANGGA: MEMBANGUN KEBERSAMAAN MENUJU KEMANDIRIAN DAN INTERNASIONALISASI FPK UNAIR

Bagikan

Berita FPK. Keluarga Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR mengadakan kegiatan halalbihalal di Musholla Al-Qalam, Senin, (10/05). Kegiatan dimulai pukul 10.00, Halalbihalal ini dihadiri oleh Dekan kita Ibu Prof. Dr. Mirni Lamid, drh., MP., Wadek I Ibu Dr. Endang Dewi Masithah Ir., MP.,  Wadek II Ir. Muhammad Arief M. Kes., Mahasiswa BEM, dan Jajaran Civitas Akademika di lingkungan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

Halal bihalal di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Kegiatan Halalbihalal ini mengangkat tema tentang “Membangun Kebersamaan Menuju Kemandirian dan Internasionalisasi FPK UNAIR” dan sambutan dibuka oleh Dekan kita Ibu Prof. Dr. Mirni Lamid, drh., MP., dalam sambutannya mengatakan bahwa kita dapat mengambil pelajaran dari hikmah Ramadhan untuk meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, sehingga dapat tercipta suasana kerja yang kondusif nyaman, tentram dan kekeluargaan. Dengan terciptanya suasana kerja diatas maka secara otomatis Universitas Airlangga akan dapat mencapai 500 World Class University.

Acara selanjutnya yaitu ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Alif Jatmiko, M. TH. I., Beliau menyampaikan bahwa “Rasulullah berkata nikmat itu ada dua yang banyak dilupakan oleh manusia yaitu nikmat sehat dan nikmat sifat, pada saat ini metabolisme kita lancar dan baik tetapi pada saat yang bersamaan juga sodara sodara kita juga ada yang sedang sakit terbaring dirumah sakit”. Maka nikmat sehat dan sifat ini sangat mahal harganya sehingga kita yang sehat harus bersyukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah” kepada Allah SWT.

Banyak sekali kegiatan dibulan puasa kemarin yang bermanfaat salah satunya yaitu 1). Kita dapat mengendalikan hawa nafsu dalam hal ini kita mengasah kecerdasan emosi sehingga mampu menempatkan diri diantara rekan kerja, 2). Kita melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu melatih kita untuk senantiasa disiplin di dalam menjalani kegiatan dan tugas-tugas, 3). Kita mendapat pelajaran bersedekah mengajari kita agar peduli kepada sesama dalam hal ini adalah meningkatkan kualitas dalam kerjasama sehingga  dapat saling melengkapi satu sama lain. 4). Pelajaran berlaku jujur di dalam menjalankan pekerjaan sehingga akan mendapatkan keberkahan dalam pekerjaan. Dengan selesainya Bulan Ramadhan ini diharapkan kita semua di FPK UNAIR masih dapat menjalankan semua kegiatan diatas agar lebih bermanfaat dalam menjalankan pekerjaan. Dengan jumlah banyaknya pekerja di FPK UNAIR ini berarti memiliki banyak sekali pemikiran dan juga sikap yang berbeda, maka hal ini kita harus satukan agar kita dapat bergerak bersama sama. Ada beberapa tips terkait materi di FPK UNAIR ini kita singkat saja “ABCD”, disini kita akan tau bagaimana cara membangun kemandirian dan internasionalisasi di FPK UNAIR setidaknya ada spirit yang harus kita punya, antara lain:

  1. Ability to change, kemampuan kita untuk beradaptasi yang terpenting kalau kita tidak mau berubah kita akan punah. Perubahan ini luar biasa, maka pesan Rasulullah “Allah tidak akan mengubah suatu kaum kalau kaum itu tidak mau berubah. Dengan adanya target 500 World Class University mau tidak mau kita harus berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya, cara untuk berubah ini juga tidak mungkin sendiri sendiri harus secara bersama-sama.
  2. Build togetherness (Building Team), kita ini individu yang punya karakter berbeda beda, sebuah organisasi kalau tidak memiliki visi misi yang sama sangat berbahaya ibarat perahu ada salah satu penumpang melubangi sisi perahu maka perahu ini akan tenggelam semuanya. Sehingga jika FPK UNAIR ini ingin maju maka harus secara bersama-sama membangunnya, hal ini dapat dilihat pada Surat Ali Imron 103, Allah berfirman “Hendaklah kalian itu berpegang teguh pada jalan Allah, dan jangan bercerai berai”.
  3. Comunicated, Kita harus membangun komunikasi yang baik kepada sesama rekan kerja karena aspek spiritualitas kita tidak hanya berdasarkan pada aspek vertikal, jadi orang ingin sholeh, orang ingin bertaqwa itu tidak hanya cerdas secara finansial tetapi juga harus cerdas secara harmonisasi dalam berkomunikasi.
  4. Do it, Lakukanlah dengan tulus ikhlas menyebarkan ilmu yang kita miliki agar ilmu yang kita miliki dapat bermanfaat untuk semua orang.

Acara dilanjutkan dengan salam-salaman dan dipenghujung acara  ramah tamah dengan menikmati hidangan yang telah disediakan oleh Panitia.

Ramah tamah menikmati hidangan lebaran

Penulis:
Dwitha Nirmala
(Departemen Kelautan)
Email: dwitha.nirmala@fpk.unair.ac.id

 

5/5