Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kenali Lebih Dalam Acropora Pruinosa Terumbu Karang Cantik Penghuni Perairan Tropis

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Kenali Lebih Dalam Acropora Pruinosa Terumbu Karang Cantik Penghuni Perairan Tropis

Bagikan

Acropora pruinosa merupakan salah satu spesies terumbu karang yang berasal dari genus Acropora. Terumbu karang ini banyak ditemukan di sekitar laut pasifik dan perairan jepang. A. pruinosa hidup secara berkoloni di perairan jernih, khususnya di daerah tepi pantai berbatu, memiliki bentuk karang bercabang yang kecil dan penuh kerutan, pada bagian koralit aksial atau ujung cabang cenderung memanjang dan berbentuk pipa. Sedangkan pada bagian koralit radial atau bagian sisi cabang sebagian besar berukuran pendek. Terumbu karang ini banyak dijumpai berwarna cokelat dan kehijauan. 

Pertumbuhan A. pruinosa termasuk cepat dibandingkan spesies lainnya, namun spesies ini sangat rentan terhadap perubahan lingkungan. Pengaruh dari habitatnya yang berada di lautan tropis maupun subtropis, memaksa untuk beradaptasi pada suhu panas yang berkepanjangan. A. pruinosa diketahui dapat dengan cepat mengalami stres pada panas yang berkepanjangan. Akibatnya terumbu karang tersebut dengan cepat mengalami nekrosis jaringan dan sloughing. Nekrosis merupakan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kematian sel-sel dan jaringan secara dini. Sedangkan sloughing adalah proses munculnya jaringan mati yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemunculan slough pada terumbu karang menjadi indikator adanya nekrosis pada jaringan maupun sel. Awal kemunculan proses tersebut ditandai dengan pemutihan pada terumbu karang.

Manfaat dari keberadaan A. pruinosa seperti fungsi terumbu karang pada umumnya, terdiri dari manfaat ekologi hingga sosial. Beberapa manfaat adanya terumbu karang tersebut yakni sebagai penunjang kehidupan makhluk hidup air lain. Terumbu karang menjadi tempat tinggal dan sumber makanan bagi ikan-ikan kecil. Keberadaan A. pruinosa yang cukup melimpah pada pesisir pantai mampu memecah gelombang ombak, sehingga tidak sampai merusak pantai. Selain itu adanya terumbu karang tersebut, khususnya di wilayah tropis dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global. Manfaat lain secara ekonomi dari A. pruinosa yakni dapat dijadikan sebagai bahan obat maupun kosmetik, karena di dalamnya diketahui mengandung senyawa anti biotik dan anti kanker.

5/5