KISAH MARIA AGUSTINA PARDEDE ALUMNI FPK UNAIR BANYUWANGI PERAIH BEASISWA LPDP

image
By WAHJU TJAHJANINGSIH On Kamis, Januari 02 nd, 2020 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan salah satu lembaga penyelenggara beasiswa bergengsi di Indonesia. Alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Univeristas Airlangga Banyuwangi berhasil meraih beasiswa bergengsi tersebut  adalah Maria Agustina Pardede.

“Permasalahan perikanan budidaya yang cukup kompleks menjadi motivasi saya untuk belajar lebih lanjut mengenai akuakultur melalui beasiswa LPDP ini. Hal itulah yang mejadi motivasi saya untuk melanjutkan studi sehingga nantinya saya dapat menjadi peneliti dan tenaga pendidik di bidang perikanan khususnya penyakit pada ikan serta mendedikasikan diri saya untuk masyarakat khususnya pembudidaya untuk pencegahan penyakit pada ikan/udang,” ujar wanita yang akrab disapa Maria tersebut.

Institusi yang dipilih Maria untuk melanjutkan studi magister (S2) yaitu Institut Pertanian Bogor. Ia memilih bidang ilmu terkait aspek budidaya ikan, secara khusus terkait dengan distribusi atau penyebaran penyakit infeksius pada ikan, yaitu ilmu akuakultur.

“Saya memiliki keinginan untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai berbagai aspek budidaya ikan. Informasi maupun hasil penelitian lanjutan yang akan saya peroleh harapannya dapat dimanfaatkan oleh pembudidaya/pelaku usaha,” jelasnya.

Wanita yang pernah menjajal student exchange di Universitas Sam Ratulangi Sulawesi Utara ini juga memberikan kiat-kiatnya kepada alumni maupun mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya pada program magister melalui beasiswa LPDP. Selain memenuhi syarat-syarat yang di tentukan penyelenggara beasiswa, sering membaca kisah peraih beasiswa sebelumnya sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan diri.

“Harapan dan pesan untuk teman-teman yang masih berjuang khususnya lulusan UNAIR di Banyuwangi yaitu, belajar dan mendapatkan ilmu itu tidak berorientasi pada tempat maupun jarak. Namun itu semua dapat diperoleh jika kita memiliki kemauan serta usaha yang keras,” tandasnya.

Pada akhir, Maria menyampaikan apa yang selama ini menjadi motivasinya hingga berada pada titik ini. Menurutnya hidup ini bukan untuk diri sendiri bukan untuk menjadi sukses dan kaya melainkan memberi hidup bagi orang lain karena ilmu yang nantinya diperoleh merupakan jalan dan aset terbesar untuk dapat membukakan jalan dan memberikan hidup bagi orang lain.

“Yang paling utama adalah selalu berdoa, berserah diri dan percaya akan rencanaNya. Saya bangga menjadi salah satu alumni Universitas Airlangga karena saya tidak hanya mendapatkan ilmu secara pendidikan formal atau excellent namun juga dituntut untuk menjadi individu yang memiliki morality,” pungkasnya.

Penulis
Dian Putri Apriliani

Sumber
http://news.unair.ac.id/2019/12/31/kisah-maria-agustina-pardede-alumni-fpk-unair-banyuwangi-peraih-beasiswa-lpdp/

 758 total views,  2 views today

Please follow and like us:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YOUTUBE
Instagram