Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

LKMM-TD, Sarana Mencetak Mahasiswa Terampil Dalam Manajemen Organisasi

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

LKMM-TD, Sarana Mencetak Mahasiswa Terampil Dalam Manajemen Organisasi

Bagikan

-Berita FPK-

Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga kembali mengadakan kegiatan rutin Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) pada tanggal 18-19 Maret 2017 bertempat di ruang kelas A301-302. Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Prof. Dr. Mirni Lamid, drh., MP. pada pukul 07.00 WIB. Dalam kata sambutannya, Dekan FPK tersebut menyampaikan beberapa manfaat penting dalam keikutsertaan mahasiswa di kegiatan LKMM ini, diantaranya adalah melatih jiwa kepemimpinan, membentuk karaker, mengembangkan kreativitas dalam berorganisasi dan membekali generasi muda FPK dimana mereka selain mampu menguasai ilmu pengetahuan (science) tetapi juga soft skills yang terlatih sehingga nantinya dapat menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi. Kegiatan LKMM ini diikuti oleh 52 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester II dan semester IV. Kegiatan LKMM-TD tahun 2017 ini difasilitatori oleh Dosen FPK yang memiliki pengalaman dibidang kemahasiswaan. Tidak hanya penyampaian dengan metode ceramah saja, kegiatan ini juga dikemas secara menarik dengan melakukan berbagai diskusi dan simulasi permainan yang sesuai dengan topik yang diberikan oleh masing-masing fasilitator.

Pada hari pertama, Sabtu, 18 Maret 2017, dihadirkan beberapa fasilitator untuk mengisi materi yang disampaikan kepada peserta LKMM-TD diantaranya adalah Prof. Dr. Mirni Lamid, drh., MP yang menjelaskan materi tentang Analisis Kondisi Lingkungan; Eka Saputra, S.Pi., M.Si tentang Perumusan Gagasan Awal; Prof. Dr. Sri Subekti, drh., DEA mengenai Tolak Ukur Keberhasilan; Wahju Tjahjaningsih, Ir., M.Si yang menjelaskan tentang Perencanaan Jadwal Kerja; Heru Pramono, S.Pi., M.Biotech mengenai Dasar-Dasar Organisasi; Dr. Endang Dewi Masithah, Ir., MP tentang Pengorganisasian Kegiatan/ Kepanitiaan I dan Kustiawan Tri Pursetyo, S.Pi., M.Vet mengenai Pengorganisasian Kegiatan/ Kepanitiaan II.

Pada hari kedua, Minggu, 19 Maret 2017, dihadirkan pula beberapa fasilitator yang juga ahli dalam bidangnya, diantaranya adalah Annur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si yang memberikan materi tentang Komunikasi Antar Unit Kerja dan Penjabaran Gagasan Awal; Dr. Gunanti Mahasri, Ir., M.Si tentang Administrasi Kesekretariatan; Muhammad Arief , Ir., M.Kes mengenai Administrasi Keuangan; Boedi Setya Rahardja, Ir., MP tentang Hakikat Motivasi; Prayogo, S.Pi., MP tentang Pengambilan Keputusan; Agustono, Ir., M.Kes tentang Pengendalian Konflik; Dr. Rr. JUni Triastuti, S.Pi., M.Si tentang Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan; dan diakhiri oleh Abdul Manan, S.Pi., M.Si tentang Penyempurnaan Usulan Kegiatan.

Salah satu simulasi yang diperankan oleh peserta LKMM-TD yaitu simulasi permainan Real Estate. Peserta dibagi menjadi enam kelompok kecil kemudian menyusun puzzle yang dapat disusun menjadi bentuk rumah. Kunci urutan susunan puzzle ini diberikan oleh fasilitator kepada ketua kelompok untuk diterjemahkan dan diwujudkan menjadi bentukan puzzle yang telah ditetapkan. “Simulasi permainan real estate bertujuan melatih peserta LKMM-TD ini untuk siap menjadi manajer dalam sebuah organisasi atau kepanitiaan kemahasiswaan” ujar Dwi Yuli Pujiastuti, S.Pi., M.P., M.Sc yang merupakan salah satu panitia kegiatan LKMM-TD. Untuk mencairkan suasana, di sela-sela pergantian materi, panitia mengadakan icebreaker seperti interaktif baris berbaris yang dikemas secara apik menggunakan yel-yel diikuti dengan melakukan penguin and chicken dance. Peserta LKMM-TD 2017 terlihat sangat antusias dalam kegiatan tersebut.

DSC_0454

(Peserta melakukan simulasi permainan Real Estate)

DSC_0488

(Peserta berlatih negosisai dalam simulasi permainan Real Estate)

Kegiatan LKMM-TD ditutup minggu, 19 Maret 2017 oleh Agustono, Ir., M.Kes selaku Koordinator Staf Dekanat pada pukul 17.30 WIB. Setelah pelaksanaan LKMM-TD, peserta akan mendapatkan sertifikat LKMM-TD yang dapat digunakan sebagai syarat keikutsertaan LKMM- Tingkat Menengah dan Tingkat Lanjut di tingkat Universitas yang nantinya akan diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan.

DSC_0114

(Peserta LKMM-TD foto bersama dengan pemateri )

 Penulis : Dwi Yuli Pujiastuti

 Editor   : Annur Ahadi Abdillah

5/5