Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

MAHASISWA FPK TINGKATKAN KEMAMPUAN KELOLA BISNIS PERIKANAN MELALUI KULIAH TAMU TOPIK “INVESTMENT CRITERIA FOR FISHERIES PROJECTS”

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

MAHASISWA FPK TINGKATKAN KEMAMPUAN KELOLA BISNIS PERIKANAN MELALUI KULIAH TAMU TOPIK “INVESTMENT CRITERIA FOR FISHERIES PROJECTS”

Berita FPK. Senin, 17/9/2019 sebanyak 104 mahasiswa Program Studi Akuakultur mendapatkan kuliah tamu dari Dr. Alfian Zein yang merupakan staf pengajar di Universiti Malaysia Terengganu dengan topik kuliah Evaluasi Proyek Bidang Perikanan. Dalam kuliah, beliau memberikan informasi bahwa belajar evaluasi proyek di bidang perikanan sangatlah penting dilakukan karena dengan mengevaluasi kegiatan yang sedang atau telah berjalan akan memberikan informasi terkait kelayakan usaha perikanan tersebut untuk dilanjutkan.

Belajar evaluasi proyek perikanan juga dapat membantu mahasiswa Akuakultur FPK belajar menjadi konsultan perikanan ketika terjun di usaha jasa konsultan perikanan. Dalam perkuliahan, Dr, Alfian Zein memberikan materi penghitungan NPV (Net Present Value), Net BC Ratio (Analysis Net Benefit Cost Ratio), IRR (Internal Rate of Return), Gross BC (Benefit Cost) dan PP (Payback Period) yang berguna untuk evaluasi suatu kegiatan perikanan.

Dosen yang lahir di Payakumbuh, Padang, Sumatra Barat ini juga memberikan tutorial dan simulasi bagaimana menganalisa finansial dari suatu kegiatan perikanan. Mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut dengan menggunakan laptop masing-masing. Dalam simulasi ini mahasiswa dapat memberikan keputusan terkait dengan usaha yang dilakukan yakni dengan menerima atau menolak proyek tersebut atau memilih satu atau beberapa proyek yang memungkinkan memberikan laba serta memilih skala prioritas dari proyek yang layak dikembangkan.

Diharapkan melalui kegiatan kuliah tamu ini, mahasiswa FPK paham bagaimana menganalisa kelayakan suatu proyek atau kegiatan perikanan berdasarkan penghitungan analisis ekonomi.

Penulis
Kismiyati
Departemen MKI-BP
Email: kismiyati@fpk.unair.ac.id

Loading

5/5

FPK NEWS

BAGIKAN