Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Mahasiswa FPK UNAIR Berkolaborasi Bersama Mahasiswa FISIP, FEB dan FIB Meraih Kejuaraan Silver Medal, Best Poster dan Best Video Pada Ajang Competition Essay National 2024

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Mahasiswa FPK UNAIR Berkolaborasi Bersama Mahasiswa FISIP, FEB dan FIB Meraih Kejuaraan Silver Medal, Best Poster dan Best Video Pada Ajang Competition Essay National 2024

Bagikan

[Bali, 18-19 Mei 2024] – Dalam gelaran FAPERTA FAIR 5 yang diselenggarakan oleh Sentosa Foundation yang bekerja sama dengan Universitas Dhyana Pura Bali, Tim kami yang diketuai oleh Firman Maulana Barokah (FPK) dan beranggotakan Zhafa Putra Syah (FISIP), Arisa Triana Waluyo Ningsih (FEB), Iqbal Rohim Al Farisi (FIB), Scecilia Kriestyaning (FIB) berhasil meraih Kejuaraan Silver Medal, Best Poster dan Best Video pada Lomba Essay Nasional 2024. Essay yang berjudul “ECOZE: Aplikasi Pengelolaan Sampah berbasis ATM Sampah untuk Mewujudkan Zero Waste Lifestyle Indonesia Emas 2045” memukau para juri dengan ide inovatif dan aplikatifnya dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia.

Karya essay Tim ECOZE mengangkat solusi pengelolaan sampah berbasis teknologi ATM Sampah. ATM Sampah ini memungkinkan masyarakat untuk mendaur ulang sampah mereka dengan mudah dan mendapatkan imbalan berupa poin yang nantinya akan langsung masuk ke dalam saldo aplikasi pengguna. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan fitur unggulan yang terdapat dalam aplikasi ini yang pertama adalah tampilan saldo, scan barcode untuk proses identifikasi pemilahan sampah organik dan anorganik, serta trash atm location untuk memudahkan aksesbilitas pengguna.

Dewan juri memberikan apresiasi yang tinggi terhadap karya essay Tim kami. Menurut dewan juri, essay tersebut menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang permasalahan sampah di Indonesia dan menawarkan solusi yang inovatif dan mudah diterapkan.

“Kami sangat senang dan bersyukur atas pencapaian ini,” ujar Firman Maulana Barokah, ketua Tim ECOZE. “Kami berharap karya essay ini dapat menginspirasi banyak orang untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan bersama-sama mewujudkan Indonesia bebas sampah.”

Kemenangan Tim ECOZE di FAPERTA FAIR 5 merupakan bukti nyata bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan. Essay mereka diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lahirnya solusi-solusi inovatif lainnya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan lestari.

 

5/5