Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Meningkatkan Kualitas Produk dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan: Pengabdian Masyarakat Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Meningkatkan Kualitas Produk dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan: Pengabdian Masyarakat Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Bagikan

Pada Sabtu, 23 September 2023, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas dan Nilai Jual Produk melalui Teknologi Pengemasan.” Acara ini merupakan langkah nyata dalam mendukung perkembangan masyarakat, terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kampung Jarak, Surabaya.

Ketua Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dalam acara ini, Dr. Eng. Fatmawati SPI, MSI, menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM tentang strategi dan teknik pengemasan yang dapat meningkatkan kualitas produk mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada mereka dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar.

Selain menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memperdalam pengetahuan mereka, pengabdian masyarakat ini juga menjadi bagian dari kontribusi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Beberapa poin SDGs yang menjadi fokus dalam kegiatan ini termasuk tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kesetaraan gender, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta perlindungan ekosistem lautan.

Selama kegiatan pengabdian masyarakat, peserta dapat mengikuti serangkaian kegiatan yang dirancang dengan baik. Kegiatan-kegiatan tersebut mencakup pembukaan acara, pemberian materi pengemasan, demonstrasi pengemasan, dan praktik penggunaan teknologi pengemasan vakum. Para peserta juga mendapatkan panduan desain kemasan produk dan alat pengemas yang dapat membantu mereka meningkatkan tampilan produk mereka di pasaran.

Antusiasme peserta terlihat jelas sepanjang acara. Mereka menunjukkan kecerdasan dan semangat dalam menyampaikan materi, serta berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi. Meskipun ada beberapa kendala yang timbul, terutama terkait dengan padatnya aktivitas sehari-hari para peserta, jadwal kegiatan tetap berjalan dengan lancar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Dengan pengetahuan baru tentang pengemasan produk, para pelaku UMKM di kampung Jarak diharapkan dapat lebih produktif dalam mengembangkan usaha mereka. Semangat “Jayalah Perikanan Indonesia” dan “Jayalah Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga” terus mewarnai upaya kita dalam mendukung perkembangan masyarakat dan sektor perikanan di Indonesia.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah salah satu contoh konkret bagaimana pendidikan tinggi dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi masyarakat. Semoga upaya seperti ini terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih luas di masa depan. Terima kasih kepada Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga yang telah berperan aktif dalam memajukan perikanan dan kelautan Indonesia.

5/5