Menteri KKP Trenggono: Saya Ingin Bawa KKP Rebound

By Ayu Lana Nafisyah On Senin, April 05 th, 2021 · no Comments · In

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemeterian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2021 resmi dibuka pada Senin (05/04/2021). Menteri Kelautan dan Perikanan, Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M. menyampaikan terobosan pelaksanaan program pembangunan KKP yang berkelanjutan untuk kesejahteraan. Ada tiga program terobosan yang harus dijalankan dengan optimal dan sebaik-baiknya hingga tahun 2024.

Terobosan yang pertama yaitu peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Selanjutnya yang kedua adalah pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan serta yang terakhir pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya tawar, payau dan laut berbasis kearifan lokal.

“Diharapkan dengan skema baru itu sektor perikanan tangkap kita ditargetkan akan mampu memberikan kontribusi PNBP kepada negara yang diperkirakan sebesar 12 triliun pada tahun 2024,” jelas Menteri Trenggono.

Lebih lanjut, Menteri Trenggono menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan bersama dengan pemerintah daerah, diantaranya: penyempurnaan regulasi dengan memodifikasi PP No. 75 Tahun 2015, tentang Jenis dan Rasio PNBP, serta Percepatan Penyelesaian Produk Turunan PP Nomor 5 Tahun 2021 dan PP No. 27 Tahun 2021 sebagai tindak lanjut dari UU No. 11 Tahun 2020, yang melibatkan penciptaan lapangan kerja.

“Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan untuk persiapan pelabuhan perikanan serta pendataan hasil pendaratan ikan. Kemudian meningkatkan jumlah dan kapabilitas porter (sebutan bagi pekerja yang membawakan barang di tempat pemberhentian transportasi), operator teknologi informasi, penyidik ​​dan pengawas perikanan, pendataan Kartu Pelaku Utama Kelautan dan Perikanan (Kusuka) 2022, meningkatkan kualitas data produksi di semua titik pendaratan ikan, dan meningkatkan kemampuan pemantauan penggunaan sumber daya kelautan dan perikanan melalui teknologi pemantauan yang andal,” imbuhnya.

Menurut data, output perikanan tangkap laut 2019 sebesar 6,98 juta ton. Menurut Menteri Trenggono masih ada peluang pemanfaatan 3,05 juta ton, dengan catatan tetap memperhatikan kelestarian sumber daya ikan. Selain itu Menteri Trenggono juga menyebutkan komitmen Indonesia untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan.

Menteri Trenggono pun memberikan semangat kepada para jajarannya untuk membawa KKP rebound. “Saya ingin membawa KKP ini rebound agar sektor kelautan dan perikanan bisa berkontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional, tanpa mengabaikan keberlanjutan lingkungan,” tutupnya.

Menteri KKP Memukul Gong Tanda Rakernas KKP Dibuka (Sumber: kkp.go.id)

Sumber : https://kkp.go.id/artikel/29120-gelar-rakernas-2021-menteri-trenggono-bertekad-bawa-sektor-kelautan-dan-perikanan-berkontribusi-besar-bagi-perekonomian-nasional. Diakses pada 05/04/2021

 

Penulis : Mohamad David Ari Darmawan (Akuakultur 2018)

Editor  : Viradyah Lulut Santosa (Akuakultur 2019)

 34 total views,  6 views today

Please follow and like us:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YOUTUBE
Instagram