Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

MICROBIAL BIOTECHNOLOGY RESEARCH GROUP FPK UNAIR: KAPANG LAUT MAMPU MENGHAMBAT BAKTERI

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

MICROBIAL BIOTECHNOLOGY RESEARCH GROUP FPK UNAIR: KAPANG LAUT MAMPU MENGHAMBAT BAKTERI

Bagikan

MICROBIAL BIOTECHNOLOGY RESEARCH GROUP FPK UNAIR: KAPANG LAUT MAMPU MENGHAMBAT BAKTERI

Mahasiswa Microbial Biotechnology Research Group (MBRG) yang berada di bawah bimbingan Bapak Heru Pramono dan Dr. Rr. Juni Triastuti memublikasikan hasil penelitiannya. Publikasi tersebut diketuai oleh mahasiswa bagian koordinator penelitian laboratorium sekaligus penulis pertama dalam artikel berjudul “Identifikasi dan Uji Aktivitas Antibakteri Kapang Laut diisolasi dari Koral Lunak” pada Jurnal Nasional terindeks Sinta BIOLINK (Fanani dkk, 2019).

Penelitian ini diawali dari ketertarikan tim penelitian pada warna koral lunak yang berwarna orange, ada pertanyaan apakah ada kemungkinan organisme yang berasosiasi dengan koral tersebut menghasilkan senyawa antibakteri. Hal tersebut didasari atas banyaknya hasil penelitian sebelumnya yang melaporkan adanya bakteri simbion (yang hidup berdampingan) dengan koral mampu menghasilkan senyawa antibakteri. Senyawa tersebut digunakan oleh koral lunak untuk mempertahankan diri dari predator ataupun organisme laut lain yang menyerang.

Ahmad Zainal Fanani selaku ketua bagian penelitian fungi meneliti kapang yang bersimbiosis dengan koral. Setelah diisolasi, diperoleh kapang berjumlah 12 strain dengan warna dan bentuk yang berbeda. Hasil uji antibakteri menunjukkan terdapat lima strain yang mampu menunjukkan aktivitas antibakteri secara in vitro terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Penelitian ini merupakan salah satu bagian dari upaya meningkatkan aktivitas dan kreativitas mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan, UNAIR. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mahasiswa memiliki keterampilan yang baik dalam merancang pertanyaan, melakukan eksperimen, menarik kesimpulan, serta menyusun karya ilmiah. Hal tersebut merupakan bagian dari pencapaian pilar tujuan Prodi Teknologi Hasil Perikanan dan Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Kelautan, yaitu memiliki keterampilan dalam bidang penelitian.

Referensi
Fanani, A.Z., Novitasari, T.A., Rofi’ah, S.C., Dewi, S.N.R. and Pramono, H., 2019. Identifikasi dan Uji Aktivitas Antibakteri Kapang Laut Diisolasi dari Koral Lunak Favites sp. BIOLINK: Jurnal Biologi Lingkungan, Industri dan Kesehatan6(1).

Penulis
Heru Pramono
Departemen Kelautan
Email: heru.pramono@fpk.unair.ac.id

5/5