Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Octolasmis sp. Merupakan Ancaman Serius Bagi Industri Lobster Laut di Bima, Nusa Tenggara Barat

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Octolasmis sp. Merupakan Ancaman Serius Bagi Industri Lobster Laut di Bima, Nusa Tenggara Barat

Bagikan

Bima, Nusa Tenggara Barat, 28 September 2023 – Para peneliti di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, telah mengungkapkan dampak ekonomi yang signifikan dari kehadiran Octolasmis sp., sejenis ektoparasit, pada populasi lobster laut (Panulirus sp.) di wilayah tersebut. Studi ini membuktikan bahwa dua jenis Octolasmis dengan morfin berbeda telah ditemukan pada lobster laut terestrial (Panulirus sp.), yang sangat mengancam ekonomi para nelayan lokal.

Octolasmis adalah jenis ektoparasit yang menyerang berbagai spesies kepiting dan lobster laut di seluruh dunia. Mereka menempel pada tubuh inang mereka dan menghisap nutrisi dari tubuh inang tersebut, yang dapat mengakibatkan penurunan produksi lobster laut yang sangat berharga di Bima.

Studi morfologi Octolasmis dilakukan oleh tim peneliti dengan mengamati carina, scutum, dan tergum sebagai organ identifikasi kunci untuk jenis ektoparasit ini. Dengan melakukan teknik random sampling pada 10% dari populasi lobster laut (Panulirus sp.), para peneliti berhasil mengidentifikasi dan memahami lebih lanjut ancaman yang ditimbulkan oleh Octolasmis sp. terhadap ekosistem lokal.

Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya pemantauan dan penanganan yang lebih baik terhadap Octolasmis sp. di wilayah Bima. Dengan dampak ekonomi yang signifikan pada industri lobster laut, diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengurangi penyebarannya dan menjaga keseimbangan ekosistem laut yang penting bagi komunitas nelayan dan industri perikanan setempat.

Dalam upaya untuk menghadapi tantangan ini, para ahli berharap pemerintah daerah dan stakeholder terkait akan bekerja sama untuk mengembangkan strategi perlindungan dan pengelolaan yang efektif, yang akan membantu melindungi masa depan industri lobster laut di Bima.

Octolasmis sp. adalah suatu ektoparasit yang terkena dampak ekonomi – lobster laut (Panulirus sp) di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Dua ektoparasit dengan morfin berbeda ditemukan lobster laut terestrial (Panulirus sp.). Studi morfologi Octolasmis dilakukan dengan mengamati carina, scutum dan tergum sebagai organ identifikasi. Untuk mendapatkan morfologi Octolasmis sp dengan teknik random sampling sebesar 10 % lobster laut (Panulirus sp).

 

 

5/5