Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

Pemanfaatan Lahan Marginal untuk Budidaya Ikan Air Tawar: Meningkatkan Ekonomi dan Konsumsi Ikan di Dukuh Sutorejo, Surabaya

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Pemanfaatan Lahan Marginal untuk Budidaya Ikan Air Tawar: Meningkatkan Ekonomi dan Konsumsi Ikan di Dukuh Sutorejo, Surabaya

Bagikan

Pada tanggal 24 Agustus 2022, sebuah tim dari Departemen Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, dipimpin oleh Dr. Kismiyati dan anggota tim ROZI serta LUTHFIANA APRILIANITA SARI, menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di kelompok usaha perikanan PKK RT 08 RW 09 Dukuh Sutorejo-Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan marginal dalam budidaya ikan air tawar di daerah tersebut. Acara ini diadakan di aula utama rumah Bapak Andi Budayan.

Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat, terutama ibu-ibu PKK dan anggota rumah tangga, tentang cara yang baik dan benar dalam budidaya ikan nila dan lele menggunakan kolam terpal bulat (CBIB). Selain itu, pelatihan juga meliputi penerapan pengukuran kualitas air secara berkala dan pengenalan penyakit ikan sejak dini.

Selama kegiatan pengabdian masyarakat, berbagai acara diselenggarakan, termasuk pemberian materi pelatihan, pengukuran kualitas air, penyerahan benih lele sebanyak 1000 ekor dengan ukuran sekitar 7 cm, dan persiapan kolam terpal bulat. Pemaparan materi dilakukan oleh Dr. Akhmad Taufiq Mukti S.Pi., M.Si., yang membahas pelatihan budidaya ikan dengan cara yang baik dan benar (CBIB), serta Rozi, S.Pi., M.Biotech., yang memberikan pelatihan mengenai identifikasi penyakit bakteri dan analisis kualitas air dalam budidaya lele di lahan marginal. Para ibu PKK yang hadir tampak antusias dan bersemangat, terlihat dari diskusi yang aktif dengan banyak pertanyaan seputar cara budidaya ikan nila dan lele menggunakan kolam terpal bulat yang baik dan benar (CBIB), pengukuran kualitas air secara berkala, dan pengenalan penyakit ikan sejak dini. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama.

Diharapkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu rumah tangga PKK RT 08 RW 09 Dukuh Sutorejo-Surabaya, serta meningkatkan ekonomi masyarakat dan tingkat konsumsi ikan di Dukuh Sutorejo, Surabaya.

Author: Rozi, S.Pi.,M.Biotech
Dosen Departemen Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga
Email: rozi@fpk.unair.ac.id

Editor : Agus Adianto

Loading

5/5