Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pembekalan Calon Wisudawan FPK UNAIR Periode Juni 2024

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Pembekalan Calon Wisudawan FPK UNAIR Periode Juni 2024

Bagikan

Berita FPK.

Pada tanggal 4 Juni 2024 FPK Unair telah menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Calon Wisudawan FPK UNAIR yang akan mengikuti prosesi wisuda pada tanggal 15 Juni 2024 di Airlangga Convention Center Kampus MERR. Kegiatan dilaksanakan via daring.

Pembukaan acara dimulai jam 09.15 WIB dengan sambutan dari Wakil Dekan I  Dr. Woro Hastuti Satyantini, Ir., M.Si. Adapun tema pembekalan adalah “Persiapan Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Pasca Lulus” dengan menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Ibu Rima Firdaus, S.Hum., M.Hum. dari Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) dan Alumni yakni Ibu Noviati Rohmatul Khasanah, S.Pi., M.Si dati Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jawa Barat.

Hadir pula dalam kesempatan ini Bapak Agus Sutiyono, S.Sos, MM. selaku Kepala Bagian Tata Usaha (KTU), Ibu Duheti Agustin Buananda, SE., M.Acc. selaku Kasubag Kemahasiswaan, Ibu Ani Sistarina, S.Sos selaku Kasubag Akademik, Serta calon wisudawan yang hadir sejumlah 45 orang dari 57 calon wisudawan.

Pada kesempatan pertama Ibu Rima Firdaus, S.Hum., M.Hum. menyampaikan paparannya terkait peran DPKKA sebagai pusat pengembangan karir, kewirausahaan dan hubungan alumni, mengadakan berbagai seminar-seminar yang bertujuan sebagai media pengembangan karir bagi mahasiswa serta melatih jiwa kewirausahaan yang bakatnya bisa didapatkan oleh mahasiswa. Dari data hasil survei terhadap 437 responden yang sudah menentukan setelah lulus nanti mau kemana, sebanyak 74,1 % menentukan untuk bekerja, 10,5% berwirausaha, studi lanjut sebanyak 9,9%, belum tahu 3,9% dan lain-lain 1,6%. Dari data diatas paling banyak adalah berkerja oleh sebab itu harus dipersiapkan hal-hal antara lain: 1. Harus siap bersaing dengan job seeker lain, 2. Aktif mencari lowker dari berbagai macam sumber, 3. Siap menghadapi proses rekrutmen (seleksi CV, tes tulis, wawancara dsb). Dalam paparannya juga disampaikan tips dan trik untuk sukses dalam membuat CV dan lain-lain serta mewaspadai ciri-ciri penipuan lowongan kerja. Bagi calon wisudawan yang sebentar lagi akan diwisuda dan statusnya beralih menjadi alumni tetap dapat berhubungan dengan DPKKA untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri dsb.

Narasumber kedua Ibu Noviati Rohmatul Khasanah, S.Pi., M.Si dati Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jawa Barat. Adalah Alumni FPK Unair  Angkatan 2006. Sharing informasi terkait pasca lulus, yang memilih untuk melanjutkan studi lanjut program master di IPB Bogor. Memberikan tips untuk menyiapkan mental dan secara sungguh-sungguh untuk mempersiapkan tes seleksi baik di instansi pemerintah maupun swasta. Beberapa pertanyaan di kolom chat dijawab dengan langsung oleh ibu Novi dan saran untuk setelah jadi Alumni untuk segera bergabung dengan IKA Alumni FPK yang akan memberikan banyak informasi dan lowker dari kakak senior demikian. Acara ditutup oleh MC yakni Nurizky Aulia Rihadatul’ Ais, A.Md.M. staf Subbagian Kemahasiswaan tepat jam 11.00 WIB.

(Agus Sutiyono).

 

 

 

5/5