Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pengmas Departemen Kelautan: Gerakan Konsumsi Ikan untuk Menjaga Stamina Anak di Masa Pandemi Covid-19

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Pengmas Departemen Kelautan: Gerakan Konsumsi Ikan untuk Menjaga Stamina Anak di Masa Pandemi Covid-19

Bagikan

Sabtu (10/10). Di era pandemi Covid-19, menjaga stamina dan daya tahan tubuh anak merupakan salah satu hal yang penting agar kesehatannya tetap terjamin. Ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi ikan dan produk olahannya. Ikan dan produk olahan perikanan yang kaya akan zat gizi berupa protein dan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin D, vitamin B12 (riboflavin), magnesium, potasium, fosfor, zat besi dan zinc dapat menjadi alternatif konsumsi sehari-hari untuk mendukung kebutuhan asupan harian yang dibutuhkan anak. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Universitas Airlangga menjalin kerjasama dengan guru dan wali murid dari KB-PAUD-TK YA-BUNAYYA untuk mensosialisasikan sekaligus mengajak masyarakat untuk ikut gerakan gemar makan ikan.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan minat guru dan wali murid dari KB-PAUD TK YA-BUNAYYA untuk mengikuti kegiatan ini. Sebanyak 51 wali murid hadir pada acara sosialisasi yang dilakukan dalam bentuk webinar melalui media Zoom pada tanggal 10 Oktober 2020 dengan tema “Gemar Makan Ikan: Solusi Tepat Anak Tumbuh Pesat, Kuat, Sehat, Cerds, dan Menjaga Stamina di Masa Pandemi Covid-19”. Tim dari FPK Universitas Airlangga yang terdiri dari Prof. Dr. Sri Subekti, drh., DEA, Dr. Ir. Adriana Monica Sahidu, M.Kes., Dr. Eng. Patmawati, S.Pi., M.PI., dan Kiki Adi Kurnia S.Si., M.Sc., Ph.D. memberikan berbagai materi berupa manfaat konsumsi ikan, kandungan gizi dari ikan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang. Selain itu, tim juga membagikan video serta buku resep mengenai cara mengolah berbagai produk perikanan agar menarik untuk dikonsumsi oleh anak.

Wida Almaidah, S.Pdi. selaku direktur KB-PAUD TK-YA BUNAYYA menuturkan bahwa adanya kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dan sangat sesuai dengan tema yang diangkat pada bulan ini yaitu makanan rezeki dari Allah. Selama acara berlangsung, wali murid sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan mengenai proses pengolahan produk perikanan yang kerapkali menjadi keresehan. Menanggapi hal tersebut, tim pengabdian kepada FPK Universitas Airlangga dengan sigap menanggapi berbagai pertanyaan, serta memberikan tips dan trik agar olahan perikanan menjadi menu yang menarik bagi anak dan keluarga. Semoga kebiasaan mengkonsumsi ikan dan produk olahannya dapat membuat kita semua selalu dalam keadaan sehat, terutama dalam masa pandemic seperti sekarang ini.

5/5