Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

PENGMAS FPK BERTAJUK GEMARIKAN SEMARAKKAN PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA KE-74 DI SEMOLOWARU TENGAH SURABAYA

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

PENGMAS FPK BERTAJUK GEMARIKAN SEMARAKKAN PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA KE-74 DI SEMOLOWARU TENGAH SURABAYA

Bagikan

Berita FPK. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga berpartisipasi dalam acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-74 di Semolowaru Tengah melalui kegiatan pengabdian masyarakat berbasis pengembangan bisnis di Kelompok Tani Elok Mekar Sari, Semolowaru Surabaya. (25/8)  Kegiatan ini mengangkat tema Gemarikan sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi produk perikanan di Surabaya, khususnya masyarakat di RW 08 Kelurahan Semolowaru, Surabaya.  Acara ini berlangsung di Balai RW 08.

Senam GEMARIKAN yang diikuti oleh seluruh warga RW 08 Semolowaru dengan instruktur maskot Gurita dari mahasiswa FPK UNAIR mengawali rangkaian kegiatan pengmas. Senam tersebut menggunakan aransemen jingle Gemarikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang isinya adalah mengajak makan ikan karena rasanya yang lezat dan menyehatkan.

Setelah senam Gemarikan, masyarakat diajak jalan sehat keliling kampung Semolowaru Tengah kemudian makan produk olahan ikan lele (bakso dan nugget) hasil dari Kelompok Tani Elok Mekar Sari bersama mahasiswa Food Processing Club FPK UNAIR.

Kegiatan selanjutnya adalah berbagai lomba dengan tema Perikanan diantaranya lomba memasak masakan berbasis ikan lele dengan peserta Bapak-Bapak. Lomba ini memanfaatkan fillet lele sebagai bahan utamanya dan diolah dengan bumbu yang sudah disediakan. Pada kesempatan ini, Dekan FPK Unair, Prof. Dr. Mirni Lamid MP., drh., menjadi satu dari tiga juri pada lomba ini selain dari warga Semolowaru dan Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Surabaya (Ibu Juwita). Jenis lomba lainnya adalah lomba mewarnai gambar dunia bawah laut untuk anak-anak yang duduk di bangku taman kanak-kanak. Lomba cerdas cermat untuk anak kelas 4-6 SD dengan pertanyaan-pertanyaan seputar perikanan dan kelautan di Indonesia dan pertanyaan seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mencapai target, menunjukkan antusiasme tinggi dari warga terhadap kegiatan pengabdian masyarakat  FPK. Salam.

Penulis
Clara Amelia K.
Mahasiswa FPK  UNAIR

Editor
Muhamad Nur Ghoyatul Amin
Departemen Kelautan
Email: m-nurghoyatulamin@fpk.unair.ac.id

5/5