Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

Pengmas FPK Universitas Airlangga: Latih PKK Desa Sabang, Kec Dampelas lebih Produktif mengolah Produk Perikanan

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Pengmas FPK Universitas Airlangga: Latih PKK Desa Sabang, Kec Dampelas lebih Produktif mengolah Produk Perikanan

Bagikan

Dalam rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Universitas Airlangga yang secara rutin dilakukan, merupakan bagian penting dalam tri dharma perguruan tinggi dan sekaligus SDGs 14 yaitu Life Below Water. Untuk tahun 2022 ini, kegiatan Pengmas FPK dilakukan di Desa Sabang, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Mengususng peningkatan nilai tambah produk perikanan, tim pengmas FPK melatih sekitar 30 warna anggota PKK Kecamatan Dampelas. Kegiatan ini juga sekaligus tindak lanjut dari dokumen kerjasam antara FPK Unair dan Fakultas Peternakan dan Perikanan (FPP), Universitas Tadulako, Palu.

 

Gambar. Tim Pengmas FPK UNAIR besama Tim Pengmas Dosen FPP Universitas Tadulako

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang pentingnya peningkatan nilai tambah produk perikanan karen produk perikanan mudah mengalami penurunan mutu. Dengan melakukan olahan, maka nilai gizi produk perikanan dapat terjaga, tutur Dr. Laksmi Sulmartiwi, S.Pi., MP yang menjadi ketua Tim Pengmas FPK Unair. Salah satu produk olahan yang sudah banyak dikenal adalah krupuk. Dengan memasukkan daging ikan pada krupuk, maka diharapkan dapat meningkatkan nilai gizi dan sekaligus menjadi souvenik (oleh-oleh) yang dapat dibawa setelah berkunjung ke wilayah Dampelas. Hal ini mendukung Kawasan Sulawesi Tengah yang menjadi zona penyangga Ibu Kota Negara baru di Kalimantan. Dengan mengeliatnya kegiatan ekonomi tersebut, diharapkan produk krupuk dari Kecamatan Dampelas dapat dikenal dan kontinyu diproduksi dengan kualitas yang baik dan pengemasan yang terstandard.

Pendampingan oleh Lembaga setempat muplat dilakukan karena ijin PIRT (Perusahaan Indusutri Rumah Tangga) yang diusulkan dua tahun lalu belum ada kabarnya. Hal ini menjadi catatan dari Tim Pengmas FPP, Universitas Tadulako yang siap memberikan pendampingan bagi Kelompok PKK Kecamatan Dampelas agar perijinan dan dokumen-dokumen usaha lainnya dapat segera didapatkan.

Kontributor: Dr. Eng. Sapto Andriyono

Loading

5/5