Berita FPK. Monev atau Monitoring dan Evaluasi PKL yang dilakukan oleh FPK UNAIR dengan maksud untuk meninjau ulang sistem PKL,KKN, magang, dan MBKM. Hal ini juga berfungsi untuk menjalin kerjasama yang baik dengan para mitra perusahaan maupun balai. Kegiatan Monev PKL yang dilaksakan selama 2 hari ini dibagi menjadi 2 kelompok. Untuk hari pertama yaitu kelompok yang beraggotakan 2 staf pengajar yaitu Ibu Dr. Adriana Monica Sahidu, Ir., M.Kes. dan Ibu Dwi Yuli Pujiastuti, S.Pi., M.P., M.Sc. dan dibantu oleh staf tenaga kependidikan yaitu Shindy Eka Fittriani, S.Si. dan bapak Bastomi Fahriszal, A.Md. Per.Kes. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Pada hari pertama mengunjungi PT. Marindo Makmur Usaha Jaya sebagai destinasi pertama. Dalam kunjungan ke PT tersebut banyak hal yang perlu diperbaiki terkait mahasiswa yang melakukan PKL di perusahaan tersebut. Kebanyakan mahasiswa sudah melakukan tugasnya dengan baik, namun masih kurang responsive saat berada di lapangan. Hal ini juga berkaitan dengan kurangnya critical thinking dari mahasiswa sehingga masih perlu banyak belajar dan di bina.Saran dari pembina lapangan dari mahasiswa yang bersangkutan adalah perlu ditingkatkan lagi hardskill serta dapat ditambah dengan belajar ilmu manajemen sehingga dapat melengkapi kebutuhan lapangan. Dalam hal apply PKL, KKN, magang maupun MBKM diharapkan mahasiswa dan dosen dapat memprakirakan ketersediaakan ikan sehingga bisa menjumpai secara langsung mulai dari awal hingga akhir proses pembekuan ikan. Kami juga menawarkan kerja sama yang selanjutnya masih akan dipikirkan oleh pihak PT. Marindo Makmur Usaha Jaya.
Destinasi kedua yaitu PT. Graha Makmur Cipta Pratama. Setiba di perusahaan, kami disambut hangat oleh kepala HRD dan pembimbing lapangan mahasiswa PKL. Dari hasil audiensi bersama Bapak Abdullah Umar (Kepala HRD PT. Graha Makmur Cipta Prtama) dan pembimbing lapangan, didapat hasil yakni mahasiswa masih ada yang memakai baju bebas saat PKL, disarankan memakai seragam atau almamater untuk memberi kesan professional. Pembimbing lapangan juga menyarakan agar dosen pembimbing PKL melampirkan keterangan saat mengirim proposal PKL terkait boleh atau tidaknya mahasiswa bersangkutan diajak untuk bekerja dilapangan. Hal ini baik untuk kemampuan hardskill mahasiswa. Selain itu lebih baik jika mengirim proposal PKL maupun lamaran kerja dapat disertai sertifikat HAACP, ISO, HALAL dan sebaiagainya sebagai pertimbangan recruiter. Sertifikat yang dikirim sebaiknya sertifikat pelatihan bukan sekedar seminar. Selain itu mahasiswa diharap lebih aktif selama proses PKL. Dosen yang berkewajiban untuk memberi dasar ilmu diharapkan dapat memperluas ilmu perikanan pada bidang administrasi bisnis, marketing dan supplychain sehingga mahasiswa menjadi lebih siap untuk terjun kelapangan.Dalam hal ini, kami juga menawarkan kerjasama dengan perusahaan. PT. Graha Makmur Cipta Pratama sangat terbuka dalam hal bermitra karena universitas yang bermitra akan selalu diutamakan diterima saat mengirim proposal magang atau PKL. Setelah selesai proses audiensi dengan kedua perusahaan, tim monev kembali ke FPK UNAIR dan tiba pukul 15.30 WIB.
Di hari kedua kunjungan monev PKL yang sudah kelompok kami laksanakan dengan tetap beranggotakan 2 orang Staf Dosen yaitu Ibu Dr. Adriana Monica Sahidu, Ir., M.Kes. dan Ibu Dwi Yuli Pujiastuti, S.Pi., M.P., M.Sc. dan dibantu oleh staf tenaga kependidikan yaitu Ibu Anita Erna Faricha, S.Ptk melanjutkan kunjungan monev PKL ke daerah yang pertama yaitu pasuruan. Lokasi yang kami kunjungi adalah PT. Aneka Tuna Indonesia. Tepat jam 9 kami tiba di PT. Aneka Tuna Indonesia dan mendapat sambutan yang baik dan ramah oleh para staf dan direksi dari PT. Aneka Tuna Indonesia. Diantaranya ada Bapak Sugeng Harjono selaku HRD dari PT. Aneka Tuna Indonesia, Ibu Tunijah selaku Deputy Manajer Perusahaan, Bapak Rizal, Bapak Nanda. Dalam perbincangan terkait monitoring evaluasi PKL yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan di PT. Aneka Tuna Indonesia ada beberapa point penting yang telah disampaikan oleh para direksi dari perusahaan ini kepada kami dianataranya adalah (1) Mahasiswa FPK Unair dalam masa PKL sudah sangat baik dan mengikuti sop yang sudah ada di PT. Aneka Tuna Indonesia (2) selama melaksanakan program PKL mahasiswa bukan hanya diajarkan secara teori saja dari perusahaan, tetapi juga diperbolehkan mengikuti proses pengolahan ikan tuna (3) selain melakukan PKL, mahasiswa juga disarankan untuk mencatat hal-hal penting yang sudah diterapkan oleh perushaan untuk bekal mahasiswa yang sudah melakukan PKL ke depannya (4) selain itu menurut Ibu Ugi / Tunijah mahasiswa FPK yang sudah melakukan PKL di perusahaan ini secara umum sudah oke, aktif dan bisa beradaptasi dengan perusahaan (5) baik dari FPK Unair maupun PT. Aneka Tuna Indonesia telah dibuat nota kerja sama yang keduanya saling menguntungkan dan berfeedback baik diantara keduanya (6) harapan dari PT. Aneka Tuna Indonesia dengan adanya monev PKL ini agar dari FPK unair, kedepan agar bisa mengirimkan mahasiswanya yang sesuai dengan topik-topik yang berkaitan dengan perusahaan PT. Aneka Tuna Indonesia supaya laporan mahasiswa menjadi lebih baik lagi. Setelah didapat beberpa point yang sangat penting bagi FPK Unair, maka monev PKL di PT. Aneka Tuna Indonesia ditutup dan diakhiri dengan foto bersama oleh tim dari FPK unair dan para direksi dari PT. Aneka Tuna Indonesia.
Setelah kunjungan dari PT. Aneka Tuna Indonesia selesai, maka tim kami melanjutkan perjalanan lagi ke daerah wonoayu sidoarjo, yaitu menuju lokasi PT. Indo Lautan Makmur. Tepat jam 13.00 tim kami sudah tiba di lokasi. Sama halnya dengan PT. Aneka Tuna Indonesia tim kami disambut denga baik dan ramah oleh pihak perusahaan. Kami disambut oleh Ibu Anggia Ayu salah satu staf dari HRD PT. Indo Lautan Makmur. Dari perbicangan terkait monev PKL dari mahasiswa FPK Unair telah didapat beberap point diantaranya adalah (1) mahasiswa FPK yang PKL di perusahaan PT. Indo Lautan Makmur bisa cepat beradaptasi dengan lapangan (2) jam kerja ketika mahasiswa PKL tepat waktu seperti pegawai yang ada di perusahaan (3) interaksi mahasiswa FPK unair yang PKL sangat bagus, setiap selesai PKL selalu dievaluasi dengan Bapak Cakra selaku HRD PT. Indo Lautan Makmur (4) menurut Ibu Agia, “mahasiswa FPK yang telah PKL di perusahaan kami sangat membantu dengan pekerja-pekerja pabrik yang lain” jadi bisa saling menguntungkan. Setelah perbincangan kami terkait monitoring evaluasi PKL dari mahasiswa FPK di perusahaan PT. Indo Lautan Makmur, kami tutup dengan berfoto bersama dengan Ibu Agia dan didapatkan hubungan kerja sama yang baik antara FPK Unair dengan PT. Indo Lautan Makmur.
Harapan dari adanya kegiatan Monitoring Evaluasi yang sudah dilaksanakan oleh beberapa tim dari FPK Unair ke beberapa tempat perusahaan yang sudah dilakukan mahasiswa diantaranya adalah dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki program PKL di masa depan, baik dari segi kurikulum maupun pelaksanaan, selai itu dengan adanya monitoring evaluasi ini dapat mencapai tujuan PKL bagi mahasiswa sejauh mana mereka telah menunjukkan kinerja yang baik di tempat kerja dan yang terahir dapat menjaga dan memperkuat hubungan antara institusi pendidikan dengan perusahaan atau institusi tempat mahasiswa melakukan PKL, sehingga tercipta hubungan kerjasama yang kuat diantara keduanya.